Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat Selama Puasa

PROBLEM : Problem yang sering terjadi pada orang yang berpuasa di bulan Ramadhan adalah kulit kering. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan makanan dan minuman, pola makan salah dan jam tidur yang mengalami perubahan sehingga mempengaruhi kondisi kulit. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Bulan Ramadhan bukan hanya jadi kesempatan untuk memperbaiki pola makan, namun juga untuk menjaga kesehatan kulit. Selama berpuasa, sebagian orang takut kulitnya menjadi kering dan kusam karena kurangnya asupan cairan serta nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dibandingkan hari biasanya.

Menjaga kesehatan kulit sama pentingnya dengan memiliki makanan yang sehat selama berpuasa.

Dilansir dari fimela.com, berikut ini tips kecantikan dari Dr. Roya Pourghorban melansir dari officielarabia.com :

1. Jangan lupakan sunscreen

Kita memang tidak dapat menghindari sinar matahari, tapi jangan sampai kita menghindari memakai sunscreen. Termasuk saat puasa Ramadhan, meski belakangan kondisi cuaca mendung dan hujan, tetap harus pakai SPF.

2. Setop eksfoliasi berlebihan

Pengelupasan yang berlebihan adalah sebuah kesalahan terbesar dalam perawatan kulit wajah, sebab jika berlebihan dapat membuat kering dan iritasi kulit secara cepat.

3. Vitamin C Topikal

Vitamin C menjadi antioksidan dan bisa melindungi kulit dari lingkungan sekitar yang dapat mempercepat penuaan. Serta bekerja keras untuk mencerahkan wajah kita, beberapan tetes serum vitamin C bisa meningkatkan perlindungan terhadap sinar matahari.

4. Pijat drainase limfatik

Mulai dari pijat tangan sampai roller giok, sama-sama memiliki manfaat bagi kesehatan. Semuanya membantu menjaga sirkulasi darah di wajah serta menyeimbangkan cairan tubuh yang ikut meningkatkan imunitas.

Memijat wajah dalam gerakan melingkar ke atas dapat mengurangi bengkak, merilis racun, serta meningkatkan sirkulasi.

5. Laser hair removal dan pelapisan ulang

Laser menjadi hal yang direkomendasikan tidak hanya untuk mencegah pertumbuhan rambut di area tubuh tertentu. Melainkan bisa memperbaiki berbagai masalah kulit seperti bintik matahari, bekas jerawat dan lainnya.

6. Masker wajah jelly

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit serta menimbulkan jerawat. Para ahli merekomendasikan facial jelly mask untuk menghindari, melembabkan dan mengurangi kemerahan serta peradangan pada kulit.

Advertisements

7. Hidrasi adalah kunci

Minum cukup air sangat bermanfaat bagi kulit, setidaknya delapan gelas sehari antara waktu sahur dan berbuka. Hindari minuman berkarbonasi atau manis seperti soda dan jus, serta kafein karena dapat menyebabkan dehidrasi.

(Red2/Kesehatan)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 63,096