Tips Mempersiapkan biaya Pendidikan untuk Anak

PENDIDIKAN : Pendidikan merupakan hal penting, namun seringkali orang tua harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk membiayainya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mempersiapkan biaya pendidikan anak sejak dini. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Pendidikan merupakan hal penting untuk anak dan memberikan pendidikan terbaik merupakan cita-cita para orang tua. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk menyiapkan biaya pendidikan tersebut sedini mungkin.

Dalam mempersiapkan biaya pendidikan, tidak sedikit orang tua melakukan kesalahan yang mungkin tidak disadari, seperti tidak memperkirakan besaran jumlah biaya pendidikan anaknya di masa mendatang.

Namun, hal tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan mengkalkulasi jumlah biaya yang dibutuhkan.

Kesalahan lainnya adalah kebiasaan orang tua yang tidak melindungi tabungan mereka, contohnya tidak ada antisipasi risiko kematian atau ketidakmampuan bekerja. Akibatnya hal tersebut dapat menjadi ancaman dalam menabung.

Untuk itu penting bagi orang tua untuk mempersiapkan biaya pendidikan sejak dini.

Untungnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua untuk mempersiapkan biaya tersebut.

Berikut beberapa tips yang dapat diikuti orang tua untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak !

  1. Tentukan sekolah yang dituju dan disiplin dalam menabung

Tentukanlah periode pendidikan anak dan pilih sekolah yang akan dituju, selanjutnya carilah detail biaya yang diperlukan untuk bersekolah yang sudah ditentukan.

Jika sudah mengetahui biaya yang dibutuhkan, orangtua dapat menentukan anggaran bulanan. Saat anggaran sudah ditetapkan, maka orang tua penting untuk disiplin menyisihkan pemasukan guna mencapai target tabungan bulanan yang sudah dianggarkan.

  1. Mulai sejak dini, jangan ragu dan menunda

Buat perencanaan keuangan sedini mungkin, orang tua dapat memulainya sejak anak berusia dibawah 3 tahun. Hal ini karena sekolah dimulai sejak usia sekitar 4 tahun, jadi mulailah persiapkan keuangan sedini mungkin.

Advertisements

Selain itu, kesiapan finansial orang tua terhadap biaya pendidikan anak pun akan lebih matang. Tak hanya itu, setiap tahunnya dunia pendidikan mengalami inflasi. Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Freddy Tedja mengatakan, di Indonesia akan mengalami inflasi pendidikan sekitar 15% setiap tahunnya.

Dengan mulai melakukan investasi pendidikan sedini mungkin, maka orang tua dapat memanfaatkan bunga yang didapat sebagai perhitungan peningkatan inflasi pendidikan tiap tahunnya.

  1. Gunakan investasi jangka panjang

Tujuan seseorang berinvestasi sangat bervariasi tergantung dengan kebutuhan masing-masing. Jika orang tua memiliki waktu yang terburu-buru, maka dapat mengambil opsi seperti gilt fund atau debt fund.

Tetapi, karena diharapkan orang tua memulai perencanaan sedini mungkin, maka dapat berinvestasi di reksa dana atau langsung di ekuitas. Dengan begitu, nantinya uang investasi tersebut akan bekerja untuk orang tua serta memberikan keuntungan berupa bunga.

  1. Identifikasi investasi yang ada

Lakukan identifikasi atau review secara berkala terhadap investasi yang orang tua miliki. Dalam melakukan investasi pasti akan mendapat keuntungan, hal tersebut untuk membantu orang tua melihat dan memastikan keuangan untuk perencanaan pendidikan.

Misalnya, apakah uang investasi ditambah dengan keuntungan sudah mencapai target atau belum, kira-kira berapa lagi yang harus diinvestasikan saat uang yang diinvestasi sudah ditambahkan dengan bunga, atau perihal lainnya.

Dengan begitu, orang tua akan selalu mendapatkan gambaran yang jelas tentang perencanaan keuangan untuk pendidikan anak.

Nah, itulah beberapa tips untuk orang tua dalam merencanakan keuangan untuk pendidikan anak di masa depan.
(Red2/Pendidikan)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,593