Timnas U-23 Indonesia: Satu-satunya Tim dari Pot 4 yang Maju ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024

GOL : Selebrasi Marselino ketika mencetak gol saat melawan Jordan U23. (BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

JAKARTA – Timnas U-23 Indonesia adalah satu-satunya tim dari pot terbawah yang berhasil lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

Dalam pengundian yang berlangsung pada 23 November 2023 di Doha, Qatar, Indonesia masuk dalam pot keempat, yang merupakan pot paling bawah. Dalam pot ini, Timnas U-23 Indonesia bergabung dengan Malaysia, Tajikistan, dan China.

Timnas U-23 Indonesia berada di pot keempat karena belum pernah tampil dalam Piala Asia U-23 sebelumnya. Tim yang dilatih oleh Shin Tae-yong ini adalah satu-satunya tim debutan di turnamen ini.

Timnas U-23 Indonesia juga mendapat tantangan berat karena berada satu grup dengan tiga tim kuat dari Asia. Mereka adalah tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

Pada tingkat U-23, Qatar pernah menempati posisi ketiga pada tahun 2018. Australia mencatat prestasi serupa pada tahun 2020, dan Yordania pada tahun 2013. Rekor prestasi ketiga negara ini menimbulkan keraguan terhadap peluang Timnas U-23 Indonesia di turnamen ini.

Keraguan ini tampak saat Timnas U-23 Indonesia kalah 0-2 dari Qatar pada pertandingan pembuka di fase grup. Namun, Garuda Muda bangkit dengan meraih dua kemenangan pada pertandingan selanjutnya.

Timnas U-23 Indonesia berhasil mengalahkan Australia 1-0, lalu menang telak 4-1 melawan Yordania di pertandingan terakhir fase grup. Kemenangan ini memastikan Timnas U-23 Indonesia lolos ke babak perempat final.

Sekarang, Timnas U-23 Indonesia menjadi satu-satunya tim dari pot keempat yang berhasil mencapai babak perempat final, di antara tujuh tim lainnya yang berasal dari pot pertama dan kedua.

Di grup lain, China gagal lolos ke perempat final setelah kalah bersaing dengan Korea Selatan dan Jepang. Tajikistan juga gagal karena hanya meraih satu kemenangan dan dua kekalahan, bersaing dengan Irak dan Arab Saudi. Sementara Malaysia dipastikan tersingkir setelah kalah dua kali berturut-turut melawan Uzbekistan dan Vietnam, meski masih ada pertandingan terakhir melawan Kuwait yang tidak lagi menentukan.
(Red1/Olahraga)

Editor : Indah Setiawati

Advertisements
TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,426