Timnas Indonesia Bisa Naik Tujuh Peringkat di Ranking FIFA jika Menang Melawan Irak dan Filipina

SQUAD: Squad Timnas Indonesia foto bersama saat tampil Di Piala Asia U-23 Qatar 2024.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

JAKARTA – Peringkat FIFA Timnas Indonesia berpeluang meningkat signifikan jika berhasil meraih kemenangan dalam dua pertandingan kunci di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Irak dan Filipina. Skuad yang dilatih oleh Shin Tae-yong ini dijadwalkan melawan kedua tim tersebut pada 6 dan 11 Juni 2024.

Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia memiliki nilai pengali poin tertinggi dalam perhitungan peringkat FIFA. Oleh karena itu, Timnas Indonesia berpotensi mengalami kenaikan signifikan dalam peringkat FIFA.

Situasi serupa pernah dialami Timnas Indonesia setelah kemenangan melawan Vietnam pada Maret 2024 lalu. Saat itu, Timnas Indonesia menang 1-0 dan 3-0 dalam dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kemenangan tersebut menyebabkan Tim Merah Putih naik delapan peringkat di ranking FIFA. Prestasi ini membuat Timnas Indonesia mencatat kenaikan peringkat tertinggi di dunia pada Maret 2024.

Potensi serupa dapat terjadi jika Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Irak dan Filipina. Irak saat ini memiliki peringkat yang lebih tinggi dari Timnas Indonesia.

Hal ini membuat poin yang akan diperoleh Timnas Indonesia menjadi lebih besar jika menang melawan Irak. Timnas Indonesia akan mendapatkan 19,3 poin jika berhasil mengalahkan Irak.

Sedangkan saat melawan Filipina, situasinya sedikit berbeda. Timnas Indonesia akan mendapatkan 13,16 poin jika menang melawan Filipina. Jika dijumlahkan, Timnas Indonesia berpotensi meraih 32,46 poin pada Juni 2024.

Saat ini, Timnas Indonesia memiliki 1102,70 poin di ranking FIFA. Jika berhasil memenangkan kedua pertandingan, total poin Timnas Indonesia akan menjadi 1135,16 poin.

Perolehan ini dapat membuat Timnas Indonesia naik setidaknya tujuh peringkat. Timnas Indonesia bisa mencapai peringkat yang saat ini ditempati oleh Sudan (Peringkat 127/1131,97 poin).

Advertisements

Peringkat ini bisa naik lebih tinggi lagi jika tim-tim di atasnya mengalami kekalahan pada Juni 2024.

Potensi Poin Timnas Indonesia pada Bulan Juni 2024:

Indonesia vs Irak

  • Menang = 19,3 poin
  • Seri = 6,8 poin
  • Kalah = -5,7 poin

Indonesia vs Filipina

  • Menang = 13,16 poin
  • Seri = 0,66 poin
  • Kalah = -11,84 poin.

(Red1/Olahraga)

Editor : Indah Setiawati

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,409