Suasana Ngabuburit Menjelang Buka Puasa di Jl.Kartini Tegal

RAMAI : Suasana menjelang berbuka puasa di sepanjang ruas Jl. Kartini yang selalu ramau, karena dipadati baik oleh penjual makanan maupun pembeli. Berbagai jenis makanan kecil, minuman maupun makanan berat tersedia di sana.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

TEGAL – Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang selalu dinantikan oleh seluruh masyarakat. Dimana umat muslim berpuasa penuh selama sehari.

Saat yang dinantikan setelah seharian berpuasa, menahan lapar, haus dan amarah adalah suasana ngabuburit yaitu suasana saat menjelang berbuka puasa.

Biasanya sekitar pukul 4 sore, banyak warga yang sudah ramai mengunjungi beberapa tempat di Kota Tegal yang menyediakan berbagai macam makanan.

Seperti halnya disepanjang ruas di Jl. Kartini pada sore hari sekitar pukul 4, sudah dipadati oleh banyaknya masyarakat yang mencari makanan ataupun minuman untuk persiapan berbuka puasa.

Ada yang berjalan-jalan terlebih dahulu di sepanjang ruas Jl. Kartini sambil melihat-lihat sebelum menentukan makanan apa yang akan dipilihnya. Tetapi ada pula warga yang langsung membeli makanan untuk segera dibawa pulang ke rumah, dan berbuka bersama keluarga.

“Kami sering menghabiskan waktu menunggu saatnya berbuka puasa dengan berjalan menyusuri sepanjang Jl Kartini ini, kemudian membeli beberapa makanan kecil untuk dibawa pulang,” kata Ade saat berjalan-jalan bersama adiknya.

Berbeda lagi dengan Boy, salah satu karyawan swasta di Tegal. Setelah pulang bekerja dia langsung menuju salah satu tempat makan di Jl. Kartini ini kemudian menunggu di sana sampai tiba saatnya berbuka.

“Saya lebih suka berbuka puasa sekalian di sini, selain makanan terasa lebih nikmat ketika disantap disini. Juga rasanya sangat menyenangkan bisa berbuka puasa bersama-sama. Sambil menikmati suasana di sore hari, melepas penat setelah seharian bekerja,” jelasnya.

Beberapa makanan kecil atau jajanan yang disediakan oleh para pedagang antara lain Cilor, Maklor, Telur Gulung, Hotdog, Burger, Corndog, Risol, Piscok, Crepes, Egg Waffles, Tahu Petis, Lumpia, Kebab, Otak Otak, Batagor dan lainnya.

Sedangkan untuk makanan berat juga banyak dijual disini seperti Ayam Bakar, Tongseng, Nasi Goreng, Bakmi Goreng, Capjay dan lainnya.

Advertisements

Beberapa varian minuman seperti Milk Boba, Teh Thailand, Es Teh, Es Jeruk, Jeruk Peras, Alpukat Kocok dan masih banyak varian minuman yang dijual di sepanjang Jl. Kartini Kota Tegal. (Red1/Kuliner)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 63,094