SMA N 1 Bulakamba Pamerkan 216 Hasil Kreatifitas Siswa

MENAMPILKAN : Tampak para siswa sumringah karena hasil karyanya di pamerkan dan dibeli oleh guru dan teman-teman lainnya. Juga mereka menampilkan sebuah tarian tradisional dalam acara gelar kerya P5 tersebut dengan meriah dan bangga.(BeeNews.id/Doc).

BREBES – Sebanyak 216 hasil Kreatifitas Siswa Kelas 10 SMA N 1 Bulakamba Kabupaten Brebes dipamerkan dalam Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karya tersebut dipamerkan di lapangan terbuka sekolah setempat dan penampilan seni budaya lainnya, Kamis (16/5).

Kepala SMA N 1 Bulakamba Imam Bagus Winarto MPd menjelaskan, gelaran ini sebagai implementasi Kurikulum Merdeka bagi kelas 10. Bagus menjelaskan lebih dalam, bahwa pada projek ini ada 216 karya P5 dengan rincian 72 karya Video Stop Bullying dengan tema: Bangunlah Jiwa dan Raganya. Kedua, Projek membuat 72 Mading Knowing dengan tema: Ruang Literasi Terbuka Berdimensi Kebhinekaan Global dan Projek ketiga berupa Kewirausahaan dengan dimensi Mandiri, Kreatif Dan Kearifan Lokal.

“Para siswa ternyata bisa membuat karya kuliner dengan 72 menu makanan dan minuman yang berbeda-beda,” jelas Bagus.

Pembukaan Gelar Karya P5 SMA N 1 Bulakamba ditandai dengan pemukulan Gong dan Pelepasan Balon oleh Kepala SMA N 1 Bulakamba. Tampak para siswa sumringah karena hasil karyanya di pamerkan dan dibeli oleh guru dan teman-teman lainnya.

Gelaran ini terfokus pada mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan masing-masing tema yang bermuatan 6 dimensi. P5 ternyata mampu menyalurkan dan meningkatkan kreatifitas siswa.

Lebih lanjut dikatakan Bagus, Kurkulum Merdeka baru diterapkan pada anak-anak Kelas 10 yang berjumlah 430 siswa dan tersebar di 12 kelas. Sedangkan jumlah siswa keseluruhan di SMA N 1 Bulakamba sebanyak 1127 siswa. Untuk kelas 10 belum ada penjurusan, sedangkan untuk kelas 11 dan 12 masuk jurusan sesuai dengan minat dan bakat siswa untuk memilih jurusan IPA atau IPS.

“Namun untuk tahun pelajaraan 2023/2024 akan dibuka Kelas Khusus Olahraga (KKO),” ungkap Bagus.

Untuk itu, pihaknya terus membenahi sarana dan prasarana SMA 1 Bulakamba. Tahun depan juga membuka kelas khisus olahraga (KKO). Untuk melengkapinya yakni dengan membuat Stadion Mini, yang di dalamnya tersedia venue Atletik dan Lapangan Futsal.(Red3/Seni&Budaya).

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,314