Siswi Smansa Pemalang Raih Juara Internasional

FOTO : Siswa SMAN 1 Pemalang Auliana Dinda Hapsari (tengah) yang berhasil menorehkan prestasi di ajang penelitian Internasional. (Beenews.id/doc)

PEMALANG – Auliana Dinda Hapsari, siswi kelas sebelas SMAN Negeri 1 Pemalang (Smansa) berhasil mengukir prestasi di kancah Internasional. Dirinya sukses menyabet medali perak dalam ajang internasional bertajuk World Invention Competition and Exhibition (WICE) atau kompetisi dan pameran penemuan dunia di Malaysia, beberapa waktu lalu.

Siswi yang akrab disapa Dinda ini berhasil mengungguli peserta dari Indonesia, maupun negara lain dengan hasil penelitiannya yang mengangkat isu psikologis anak autisme. Keinginannya mengangkat topik tersebut bermula dari pengamatan terhadap salah satu anak pengidap autisme di lingkungannya.

Dari sana, muncullah inspirasi bagi dirinya untuk menuangkan ke dalam tulisan ilmiah. Ia kemudian mulai mendiskusikan rencana penelitian itu kepada guru pembina di sekolah. “Saya terdorong mengangkat isu ini karena ingin berempati terhadap pengidap. Kebetulan dari pembina mengizinkan untuk mulai meneliti,” ujarnya.

Sadar akan isu sensitif yang ia angkat, Dinda berusaha keras untuk memahami teori-teori yang akan mendukung penelitiannya. Ia mengaku kesulitan mengingat ini adalah kali pertama ia terjun dalam dunia penelitian. Namun, rasa percaya diri dan motivasi yang tinggi pada akhirnya dapat mengantarkan ia dalam merampungkan karya tulisannya.

Meski belum berhasil mendapat medali emas, rasa bangganya tetap begitu besar sebab ia dapat menjadi salah satu yang terbaik di kompetisi di mana pertama kali ia ikuti. Dan untuk ke depannya, dirinya akan tetap mencoba mengembangkan capaian yang telah diukir untuk terus berprestasi di ajang lain. (Red3/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,446