Siapakah Bjorka, Hacker yang Bikin Heboh Warganet Indonesia

PERBINCANGAN : Hacker Bjorka menjadi perbincangan di Indonesia karena membobol data penting, dari pengguna Indihome sampai data registrasi SIM Card. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Nama Bjorka saat ini tengah menjadi perbincangan, baik di media sosial maupun kehidupan nyata.

Bjorka merupakan nama yang digunakan peretas yang beberapa kali mengaku membobol data milik pemerintah.

Bjorka mengklaim telah membocorkan informasi pelanggan Indihome, KPU, registrasi SIM prabayar, dokumen rahasia Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga melakukan doxing kepada sejumlah tokoh penting atau pejabat di Indonesia.

Hacker ini kerap muncul dalam sebuah situs keamanan cyber bernama Breach Forums.

Lalu, siapa hacker Bjorka ? melalui saluran Telegram miliknya, ia mengklaim dirinya bukan hanya satu orang, melainkan anda dan kita semua.

“Bjorka bukan hanya satu orang, Bjorka adalah Anda dan kita semua. Demi masa depan.” tulisnya, dikutip Senin (12/9/2022).

Bjorka menyebutkan, aksi peretasan yang dilakukannya sebagai bentuk dedikasi untuk kawannya yang berkebangsaan Indonesia di Warsawa, Polandia.

“Saya punya teman orang Indonesia yang baik di Warsawa, dan dia bercerita banyak tentang betapa kacaunya Indonesia. Aku melakukan ini untuknya,” tulisnya di akun Twitter @Bjorkanism yang saat ini telah hilang dari platform.

“Ya, jangan repot-repot melacak dia dari kementerian luar negeri karena Anda tidak akan menemukan apa pun. Dia tidak lagi diakui sebagai WNI karena kebijakan tahun 1965,” kata Bjorka.

Dia menambahkan, temannya tersebut adalah kakek tua yang sangat cerdas dan mengurus dirinya sejak dia lahir.

Advertisements

“Tahun lalu dia meninggal. Orang tua ini telah merawat saya sejak saya lahir, dan ingin pulang ke Indonesia untuk memberikan sumbangsih terhadap dunia teknologi. Walau dia tahu betapa sedihnya untuk dapat menjadi seseorang seperti BJ Habibie,” sambung sang hacker.

Sayangnya hal tersebut tidak terwujud hingga akhir hayatnya tahun lalu.

“Dia tidak punya waktu untuk melakukannya sampai akhirnya meninggal dengan damai,” ujar Bjorka.

“Tampaknya rumit untuk melanjutkan mimpinya dengan cara yang benar, jadi saya lebih suka melakukannya dengan cara ini. Kita memiliki tujuan yang sama, agar negara tempat ia dilahirkan bisa berubah menjadi lebih baik. Senang bertemu kalian,” tambahnya.

Bjorka mengaku ingin menunjukkan bahwa keamanan siber yang dimiliki Indonesia sangat lemah dan mudah dibobol.

“Saya hanya ingin menunjukkan betapa mudahnya bagi saya untuk masuk ke berbagai pintu karena kebijakan perlindungan data yang buruk. Apalagi jika dikelola oleh pemerintah,” tulis Bjorka.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,268