Sertipikasi 1.000 Bidang Tanah Wakaf Ditarget Tuntas Empat Bulan

KERJASAMA : Bupati Tegal Umi Azizah menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama percepatan pensertipikatan tanah wakaf antara Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Tegal Sutanto dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal Akhmad Farkhan di Ruang Rapat Bupati Tegal, Selasa (14/06/2022). (BeeNews.id/Humas Pemkab Tegal)

SLAWI – Sedikitnya 1.000 bidang tanah wakaf di Kabupaten Tegal akan disertipikatkan dalam empat bulan ke depan. Hal tersebut ditujukan untuk mewujudkan keteraturan penyelenggaraan dan pengadministrasian tanah rumah ibadah, lembaga pendidikan dan tempat pemakaman.

Informasi ini disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah saat membuka rapat koordinasi dan penandatanganan perjanjian kerjasama percepatan pensertipikatan tanah wakaf Kabupaten Tegal di Ruang Rapat Bupati Tegal, Selasa (14/06/2022) siang.

Umi mengapresiasi langkah inovatif Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal yang bekerjasama dengan Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tegal dalam memberikan perlindungan harta wakaf dan pengelolaannya oleh nahzir.

“Saya memandang, tanah merupakan hak milik yang sangat berharga, Tanah juga berfungsi sebagai aset dengan segala hak yang melekat seperti hak milik, hak guna usaha, hak guna bangunan, hak sewa dan sebagainya,” katanya.

Sedemikian pentingnya fungsi tanah ini, sehingga tak jarang dalam hal penguasaan dan pemanfaatannya timbul sengketa seperti klaim dari ahli waris dan sebagainya.

Oleh karenanya, pendaftaran hak atas tanah wakat ini sangat penting dilakukan untuk mendapatkan kepastian atau kejelasan status hukum yang sesuai peruntukannya. Sekalipun akad wakafnya telah tertuang dalam akta ikrar wakaf oleh pejabat pembuat akta ikrar wakaf.

Umi mengungkapkan, berdasarkan hasil inventarisasi atau pengumpulan data bidang tanah, tidak sedikit aset tanah wakaf yang belum bersertifikat.

Hal tersebut tentunya dapat menghambat pengelolaannya untuk kesejahteraan umum maupun kepentingan umat, seperti dalam hal penerimaan bantuan dari pihak-pihak tertentu, termasuk Pemerintah yang mensyaratkan bukti legalitas sertipikat tanah dari nahzir.

Untuk itu pihaknya mengimbau kerja sama semua pihak agar dapat membantu kelancaran proses pensertipikatan tanah wakaf ini, termasuk penyamaan persepsi terkait asal usul tanah jika memang dalam akad harta wakaf sebelumnya belum disertai lampiran bukti kepemilikan yang sah.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal Akhmad Farkhan mengaku jika pihaknya baru mendapat data 386 bidang tanah wakaf dari Kantor Urusan Agama (KUA) yang diusulkan pensertipikatannya.

Advertisements

“Data yang masuk ke kami per tanggal 13 Juni 2022 baru ada 386 bidang tanah. Target kami seribu bidang tanah. Untuk itu, saya minta masing-masing KUA dan petugas terkait untuk menyerahkan data secepatnya,” jelasnya.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, , , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,852