Selama 3 Hari Digelar, Ratusan Polisi Jalani Tes Kesamaptaan

TES : Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, Rabu, Kamis dan Jumat (1 s/d 3 Maret 2023) bertempat di Stadion Karangbirahi Brebes yang diikuti oleh seluruh personel Polri dan ASN Polri di Kabupaten Brebes. Hasil Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) sangat berpengaruh pada jenjang karier personel kepolisian.(BerNews.id/Doc).

BREBES – Untuk mengetahui kemampuan fisik personil, Bag SDM Polres Brebes Polda Jawa Tengah menyelenggarakan tes kesamaptaan jasmani (TKJ) berkala bagi seluruh personil Polres Brebes.

Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq melalui Kabag SDM Kompol Pipit Witianingsih mengungkapkan kegiatan TKJ ini digelar Bagian Sumber Daya (Bagsumda) Polres Brebes setiap enam bulan sekali dan diikuti oleh seluruh personel. Baik dari jenjang perwira, bintara, maupun ASN serta anggota Polsek jajaran.

Kegiatan TKJ ini dilaksanakan secara berkala bertujuan untuk mengukur kemampuan fisik para personel Polres Brebes serta memelihara kesehatan agar selalu siap menjalankan tugas-tugas Kepolisian.

“Dengan adanya kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) ini, diharapkan setiap personel dapat menjaga kebugaran jasmani agar tetap prima, sehingga dalam melaksanakan tugas kepolisian sehari-hari sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dapat berjalan maksimal,” kata Kabag SDM, saat memantau pelaksanaan TKJ, Jumat (3/3) di Stadion Karangbirahi Brebes.

Dalam pelaksanaanya, TKJ ini para personel wajib melaksanakan beberapa jenis olahraga. Olahraga yang dimaksud adalah lari 12 menit, pull up, sit up, push up, dan shuttle run (lari membentuk angka delapan).

Disampaikan Pipit, hasil Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) sangat berpengaruh pada jenjang karier personel kepolisian. Disebutkan, nilai TKJ ini masuk dalam 13 komponen penilaian personel Polri. Pihaknya mengimbau kepada para personel agar dalam pelaksanaan TKJ wajib dilakukan secara serius.

Namun demikian, Pipit juga mengharap dalam pelaksanaannya para personelnya diminta untuk bisa mengukur sesuai dengan kemampuan personel masing masing.

“Saya berharap kepada seluruh personel, agar mengikuti kegiatan TKJ ini dengan bersungguh-sungguh dan serius. Bagi yang mempunyai riwayat sakit atau masuk golongan empat jangan dipaksakan untuk mengikutinya,” lanjut Kabag SDM.

Golongan yang dimaksud oleh Kabag Sumda adalah pengelompokan berdasarkan umur. Dimana untuk golongan 1 (18-30 tahun), golongan 2 (31-40 tahun), golongan 3 (41-50 tahun) dan golongan 4 (51-58 tahun).

“Untuk yang golongan 4, kami persilahkan untuk melaksanakan dengan jalan kaki saja,” tegasnya.

Advertisements

Lanjut Pipit, sebelum melaksanakan lima jenis tes tersebut, mereka wajib melakukan pengecekan kesehatan yang dilakukan tim Urkes Polres Brebes. Hal tersebut untuk memastikan kondisi kesehatan para peserta TKJ.

“Para personel sebelum melaksanakan TKJ, kita lakukan pengecekan kesehatan. Itu dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan personel sehingga dalam pelaksanaan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan,” lanjutnya.

Pihaknya juga mengungkapkan, pelaksanaan TKJ ini dilakukan sekaligus sebagai sumber dalam sistem penilaian perorangan selain penilaian mental dan akademis.

“Selain aspek mental dan akademis, juga dinilai dari aspek jasmani dan karena itu diadakan TKJ setiap enam bulan sekali sebagai bagian dari program Polri untuk menjaga kesiapan stamina serta kesiapan personel Polri dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab kepolisian,” tegasnya.

“Tes kesamaptaan jasmani yang digunakan Polri meliputi tes lari 12 meni, tes pull up, tes sit up, tes push up dan tes shuttle run,” pungkasnya. (Red3/OlahRaga).

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 112,350