Seberapa Pentingnya Menjaga Emosi Saat Berkendara Di Jalan

KEAHLIAN : Mengendarai kendaraan bermotor membutuhkan keahlian yang tidak sembarangan, baik itu sepeda motor, mobil, dan kendaraan lainnya. Dibutuhkan sebuah keahlian untuk mengendarainya serta menjaga emosi terlebih di jalanan umum yang terdapat banyak orang.(BeeNews.id/Zuhudbudiaji).

TEGAL – Jaman sekarang ini skill yang harus dilatih adalah menjaga emosi, terutama ketika berhubungan dengan berkendara di jalan raya. Mungkin pernah melihat di media sosial, dimana ada beberapa pengendara dan atau pengguna jalan raya saling adu mulut satu sama lain, bahkan ada yang sampai pakai kekerasan? Biasanya terjadi di saat jalanan sedang macet, atau mungkin karena terjadi kesalahpahaman diantara para pengguna jalan.

Nah, sebaiknya anda membaca artikel ini sampai selesai, karena sangat penting bagi kita untuk terus menjaga kesabaran dan emosi kita saat berada di jalan raya. Seberapa pentingnya sih menjaga emosi saat berkendara di jalan raya? Berikut Team media online BeeNews.id akan bahas satu persatu.

Mengendarai kendaraan bermotor membutuhkan keahlian yang tidak sembarangan, baik itu sepeda motor, mobil, dan kendaraan lainnya dibutuhkan sebuah keahlian untuk mengendarainya, terlebih di jalanan umum yang terdapat banyak orang. Nah, terus apa hubungannya dengan menjaga emosi?

Jalan raya adalah tempat umum dan fasilitas umum yang digunakan oleh semua orang yang disediakan oleh negara. Jadi siapa yang wajib menjaga ketertiban? Ya tentunya kewajiban kita semua untuk saling menjaga ketertiban, bukan hanya tugas dari polisi lalu lintas saja. Memang tugas polisi lalu lintas adalah menertibkan lalu lintas yang ada di jalan raya, tapi polisi juga manusia biasa yang seperti superman bisa ada dimana – mana saat dibutuhkan.

Dengan sama – sama menjaga ketertiban jalanan akan menjadi lebih nyaman untuk digunakan bersama. Ketika tidak bisa mengatur emosi kita tentunya akan membuat sebuah keributan jika sampai harus adu mulut dengan sesama pengguna jalan karena hal sepele. Dengan begitu akan mengganggu ketertiban, dan malah menambah masalah baru yang mungkin terjadi.

Intinya dengan menjaga emosi kita juga berhasil menjaga ketertiban umum yang ada di jalan raya kan? Dengan adanya situasi yang tertib membuat kita merasa nyaman saat berkendara.

Terkadang kita emosi karena jalanan macet disertai dengan terik panas matahari sehingga kita menjadi emosi. Tapi pernahkah anda berpikir bahwa dengan emosi kita tidak akan mendapatkan solusi dari jalan yang macet? Malahan akan memperkeruh keadaan?

Betul sekali ketika jalanan yang macet memang sangat menyebalkan, tapi dengan emosi kamu tidak akan membuat jalanan jadi lancar juga kan? Ada baiknya disaat jalanan macet kamu harusnya lebih tenang, mencari solusi seperti jalan alternatif, atau jika memang sedang tidak terburu – buru bisa mencari tempat berteduh untuk beristirahat, atau melakukan kegiatan lain seperti mendengarkan usik atau bermain sosial media, bukannya dengan emosi.

Dengan emosi kamu tidak akan pernah mendapatkan solusi yang terbaik di jalan raya, malahan kamu akan memperkeruh suasana, jadi jaga emosi adalah kunci terbaik kamu saat mengendarai sepeda motor.

Konsentrasi adalah salah satu hal paling pokok yang harus dimiliki saat mengendarai sepeda motor dan kendaraan bermotor lainnya. Dengan berkonsentrasi dan memperhatikan kondisi jalan secara baik kita akan menjadi lebih aman dalam berkendara.

Advertisements

Selain itu, bisa menjaga emosi kamu akan lebih tenang dalam menghadapi hambatan yang ada di jalan raya, mulai dari kemacetan, kamu bisa lebih bisa berpikir jernih untuk mencari solusi yang seharusnya kamu gunakan.(Red3/Psikologi).

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,590