Resep dan Cara Membuat Kue Gelatin Art, Kue Tiga Dimensi yang sedang Viral di Tik Tok

VIRAL : Gelatin art adalah seni hias kue atau puding dengan desain motif tiga dimensi, caranya menyuntikkan berbagai bahan warna ke dalam gelatin bening. Kue ulang tahun dengan gelatin art ini sempat viral beberapa waktu lalu di TikTok karena bentuknya cantik dan beda dari kue pada umumnya. (Beenews.id/doc)

TEGAL – Video kue ulang tahun dengan gelatin art sempat viral di TikTok. Kue ini memiliki motif tiga dimensi yang unik dan dilapisi dengan gelatin bening.

Kue ini biasanya bermotif bunga, daun, ikan, atau karakter kartun. Kue gelatin art dibuat dengan teknik injeksi, yaitu teknik menyuntikkan bahan gelatin cair ke dalam gelatin bening padat.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara membuatnya atau ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya pada resep ini.

Bahan gelatin bening

  • 3 sdm bubuk gelatin bening
  • 400 gram gula pasir
  • 1 liter air
  • 1 sdt bubuk asam sitrat
  • Penyedap rasa makanan

Bahan gelatin warna

  • 1 sdm bubuk gelatin bening
  • 250 ml susu
  • 1 sdt gula vanilla
  • 3/4 sdm titanium dioksida

Cara membuat cake gelatin :

  1. Gelatin bening: Campurkan bubuk gelatin bening dengan 250 ml air dingin. Biarkan hingga meresap selama 10-15 menit.
  2. Siapkan panci dan panaskan 750 ml air, gula, dan bubuk asam sitrat. Aduk sesekali untuk melarutkan bahan. Setelah uap muncul di atas air, segera angkat panci dari api sebelum air mendidih.
  3. Tambahkan gelatin ke dalam campuran air. Aduk sampai larut dan tidak ada gumpalan.
  4. Tambahkan penyedap rasa sesuai selera. Biarkan dingin hingga suhu ruang selama 1-2 jam. Dasar gelatin akan menjadi bening dan busa hilang dari permukaan.
  5. Setelah dingin, tuang campuran gelatinke wadah. Pastikan untuk menghilangkan semua gelembung udara dari permukaan. Masukkan ke dalam lemari es dan simpan selama beberapa jam atau dibiarkan semalaman. Setelah gelatin mengeras, tutup wadah agar tidak mengering.
  6. Gelatin warna: campurkan bubuk gelatin bening dengan 3 sdm air dingin. Biarkan mekar selama 10 menit sampai air meresap.
  7. Panaskan 125 ml susu, gula, dan gula vanila di dalam panci. Masak sampai uap muncul di permukaan, jangan sampai mendidih. Angkat dan sisihkan.
  8. Tambahkan gelatin ke dalam campuran susu dan aduk sampai gelatin larut.
  9. Tambahkan sisa susu dan bubuk titanium dioksida ke dalam campuran susu. Aduk menggunakan mikser sampai semua bahan tercampur rata. Buang busa bagian atas. Diamkan hingga adonan mencapai suhu ruang.
  10. Dekorasi: Siapkan jarum suntik khusus untuk mendekor gelatin dan alat pembentuk bunga atau daun yang sudah dibersihkan.
  11. Perhatikan suhu gelatin sebelum mulai mendekor. Suhu gelatin bening harus tetap dingin dan suhu gelatin warna di atas suhu kamar. Suntikan gelatin warna ke dalam gelatin bening membentuk motif bunga.
  12. Setelah selesai membuat motif bunga, tambahkan beberapa tetes gelatin bening cair pada setiap lubang bunga untuk mencegah warna bunga bocor ke dalam kue. Keluarkan setiap bunga dari wadah dan letakkan di atas nampan.
  13. Siapkan dua wadah dengan ukuran berbeda, ketinggian wadah harus lebih besar dari lebar bunga.
  14. Tempatkan wadah ukuran kecil di tengah wadah yang lebih besar. Isi dengan air untuk menahannya.
  15. Setelah tekstur gelatin lapisan pertama sedikit mengental, tuangkan lebih banyak gelatin bening ke dalamnya.
  16. Ambil bunga dan letakkan di panci luar sehingga berbatasan dengan panci bagian dalam. Isi panci besar dengan gelatin bening. Letakkan di lemari es selama beberapa jam.
  17. Setelah lapisan luar mengeras, keluarkan loyang dari lemari es. Keluarkan air dingin dari wadah bagian dalam dan isi dengan air hangat. Angkat wadah bagian dalam.

Kamu bisa menambahkan dua warna mousse yang berbeda agar tampilan kue segar dan elegan. Letakkan tusuk gigi di tepi loyang untuk membantu mengeluarkan kue dari wadahnya, kue gelatin art siap untuk disajikan.
(Red2/Menu Dapoer)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,385