Ratusan Santri di Brebes Ikuti Musabaqoh Qiroatul Kutub

PONPES : Ratusan santri perwakilan Pondok Pesantren (Ponpes) di Brebes antusias mengikuti ajang Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) di Gedung PCNU Brebes.(Beenews.id/Zuhud)

BREBES – Ratusan santri perwakilan Pondok Pesantren (Ponpes) di Brebes antusias mengikuti ajang Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) di Gedung PCNU setempat Kamis (19/10). Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN). Terdapat dua kategori yang dilombakan, yakni Kelas Wustho dan Kelas Ulya.

Ketua Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Brebes Mustholah mengatakan, lomba ini menggunakan Kitab Adab Al-Alim Wal Muta’allim karya pendiri Nahdlatul Ulama KH. Hasyim Asy’ari.

“Kitab Adab Al-Alim Wal Muta’allim atau etika orang berilmu dan pencari ilmu merupakan salah satu kitab karya sosok pendiri Nahdlatul Ulama, Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari,” kata Mustolah.

Dalam kitab tersebut, kata dia, membahas pada bagian pertama tentang keutamaan ilmu, keutamaan belajar, dan mengajarkannya. Bagian kedua membahas tentang etika seorang dalam tahap pencarian ilmu.

Kemudian bagian ketiga membahas tentang etika seseorang ketika sudah menjadi alim atau dinyatakan lulus dari lembaga pendidikan.

“Garis besarnya tentang adab mengajar dan belajar. Sehingga ke depan harapan besar kita para santri bisa mempersiapkan diri, bagaimana caranya adab saat belajar dan adab mengajar,” kata pria yang juga anggota Fraksi PKB DPRD Brebes itu. (Red3/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 121,446