Ratusan Nasabah Mekar di Brebes Diberikan Pelatihan Berbasis Skill Berwirausaha

PELATIHAN : Kegiatan pelatihan skill berwirausaha PKU Akbar yang diadakan oleh PT PNM Cabang Tegal di Gedung Islamic Center Brebes.(Beenews.id/zuhud)

BREBES – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Tegal mengadakan kegiatan pelatihan skill berwirausaha bernama PKU Akbar di Gedung Islamic Center Brebes, Kamis (12/10), kemarin.

Acara dengan mengusung tema ‘Produke Halal, Enyonge Bungah lan Berkah Bareng PNM’ tersebut diikuti oleh ratusan nasabah Mekaar dari Brebes. Kegiatan tersebut juga dihadiri dan mendapat dukungan dari anggota Komisi VI DPR RI, Harris Turino Kurniawan.

Kadiv Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) PT PNM, Dicky Fajrian mengatakan, PNM secara berkelanjutan memberikan pembiayaan sekaligus pendampingan kepada nasabah.

Kegiatan ini menjadi satu bentuk pendampingan, yaitu pelatihan berbasis skill berwirausaha, baik dari sisi mentalitas maupun pengetahuan teknis produksi.

“PNM akan memberikan tambahan skill berwirausaha sesuai kebutuhan. Jadi keahlian apa yang dibutuhkan oleh nasabah Mekaar, kami siap bantu,” katanya, dalam rilis.

Pada kesempatan itu, anggota Komisi VI DPR RI, Harris Turino Kurniawan, mendorong agar nasabah terus mengembangkan usaha dan tetap amanah dalam menyelesaikan pembiayaan dari PNM.

Ia menilai, keberadaan PNM sangat berdampak bagi para pelaku UMKM. Sebab, PNM bukan hanya memberikan pinjaman, melainkan juga pelatihan.

“Kita lihat produknya, seperti bawang goreng tadi ya, ini pasti hasil dari pelatihan teman-teman PNM,” ujarnya.

Harris mengatakan, petani bawang biasanya akan terkendala harga yang anjlok saat masa panen. Jika bawang disimpan tanpa storage, maka akan rusak.

Menurutnya, mengolah menjadi bawang goreng ini akan membuat lebih awet. Sehingga tidak harus langsung dijual ketika harga rendah dan tidak harus dijual dalam bentuk bawang mentah.

Advertisements

“Tetapi dijual dalam produk olahan. Ini yang Pak Jokowi sering bilang, hilirisasi pangan. Bawang kecil tidak laku, diolah lebih lanjut jadi cemilan, seperti kacang enak sekali, bisa juga bawang pasta,” jelasnya.

Harris berharap, keberadaan PNM bisa meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM dari produk turunan itu.

“Melalui PNM, harapannya nasabah semakin sejahtera, meningkat usahanya dan nantinya naik kelas kemudian jadi pengusaha,” ungkapnya.

Nasabah Mekaar dengan usaha olahan ikan, Jamirah mengatakan, ia sangat berterima kasih kepada PNM Mekaar. Bukan hanya modal, PNM juga membantu dalam pengolahan produksi yang tepat guna. (Red3/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,373