Rama, Muda Berbakat dan Penuh Talenta Sulap Kardus Bekas Menjadi Mainan Kekinian

MINIATUR : Puluhan karya miniatur kendaraan otomotif dari kardus sudah pernah Rama buat, mulai dari mobil, angkutan kota, bajaj, truk, bus, hingga road roller atau slender.(BeeNews.id/Humas Pemkab Tegal)

SLAWI – Memiliki seorang anak dengan multi talenta tentu sangat membanggakan kedua orang tuanya. Apalagi kalau bakat tersebut sudah dapat terlihat sejak usia dini. Orang tua diharapkan untuk berperan aktif dalam mengembangkan talenta yang dimiliki anaknya. Karena tidak semua anak dikaruniakan banyak talenta.

Usia muda dan punya bakat seni tentunya menjadi dambaan setiap insan. Terlebih bila bakat seninya bisa terus dilatih dan diasah seperti Maratama Arizka Putra (14), siswa kelas delapan SMP IT Lukman Al Hakim, Slawi.

Dari kesukaannya menggambar otomotif, Rama, begitu nama panggilannya, mampu menyulap kardus bekas menjadi aneka miniatur kendaraan yang kekinian. Rama mendapatkan bakat di bidang seni dari Eyangnya, Dr Bimo yang mempunyai kegemaran menggambar kendaraan, seperti mobil, kereta, bus hingga pesawat.

“Saat melihat Eyang menggambar, munculah ide saya untuk mengubah gambar dua dimensi menjadi miniatur yang bahannya saya dapat dari memanfaatkan barang bekas seperti kardus, triplek hingga botol,” kata Rama.

Aktifitasnya membuat miniatur rumah dan kendaraan sudah ia mulai sejak masih duduk di bangku kelas tiga sekolah dasar. Sedangkan referensi gambarnya sendiri, ia peroleh dari internet.

Puluhan karya miniatur kendaraan otomotif dari kardus sudah pernah ia buat, mulai dari mobil, angkutan kota, bajaj, truk, bus, hingga road roller atau slender. Ditanya soal durasi pembuatannya, Rama mengaku bisa menghabiskan waktu sekitar satu minggu untuk satu unit model miniatur otomotif.

“Pembuatannya bisa memakan waktu seminggu karena saya buat detailnya juga, seperti kursi, dashboard, kemudi dan lainnya,” kata Rama.

Jumlah koleksi miniatur milik Rama kini memang sudah jauh berkurang, karena sebagian besar ia berikan ke orang lain, termasuk karya-karya terbaiknya.

“Saya menekuni pembuatan 3D modeling dengan mengikuti kelas animasi di Trasa Coworking Space.
Pelatihannya gratis, setiap satu minggu sekali di hari Sabtu. Tempatnya juga enak, nyaman,” kata Rama.

Pesan Rama untuk teman-teman sebayanya, supaya jangan ragu menekuni sesuatu sepanjang hal tersebut menyenangkan dan membawa perkembangan yang baik.
(Red2/Hasil Karya)

Advertisements

Editor : Nur Hayati

TAG :
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,301