Polres Brebes Luncurkan Program Polisi Peduli Anak (POLINA ).

STUNTING : Program POLINA ini mendukung program pemerintah dalam mencegah dan menurunkan angka Stunting di wilayah hukum Polres Brebes. Dengan menerjunkan aparat Polri ke tengah masyarakat untuk fokus melakukan pendataan menyeluruh kepada anak-anak yang terindikasi stunting.(BeeNews.id/Zuhud).

BREBES – Dalam rangka turunkan angka stunting di Kabupaten Brebes, Kepolisian Republik Indonesia Meluncurkan program Polisi Peduli Anak (Polina) di aula Kantor Kecamatan Bulakamba, Brebes, Rabu (8/2). Program ini menerjunkan aparat Polri ke tengah masyarakat untuk fokus melakukan pendataan menyeluruh kepada anak-anak yang terindikasi stunting.

“Program POLINA dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah dalam mencegah dan menurunkan angka Stunting di wilayah hukum Polres Brebes,” ujar Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq SIK saat meluncurkan Polina.

Guntur menegaskan, agar para anggota Polri segera berkoordinasi dengan Puskesmas di wilayah masing-masing, mendata anak-anak yang diduga masuk dalam kategori stunting dan selanjutnya jadikan mereka anak asuh, dengan memberikan edukasi dan pemenuhan gizinya.

Tak hanya itu, teruslah bergandeng tangan membangun sinergi dengan Pemkab Brebes dan instansi terkait lainnya, untuk menekan angka kemiskinan ekstrem dan angka stunting.

Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT mengatakan, terkait dengan stunting di Kabupaten Brebes memang cukup tinggi. Dengan diluncurkannya program Polina dari Polri Pemkab merasa terbantu dalam penanganan stunting di Kabupaten Brebes.

“Brebes tengah menangani dua hal penting berupa kemiskinan ekstrim dan stunting. Dengan adanya kerjasama yang baik antara Pemerintah Brebes dengan TNI, Polri dan seluruh elemen masyarakat semoga pada tahun 2024 angka kemiskinan ekstrim dan stunting bisa menurun,” ungkapnya.

Guntur menjelaskan, angka kemiskinan ekstrem dan angka stunting di wilayah Brebes cukup tinggi. Data Dinas terkait, angka stunting di Kab. Brebes mencapai 11.783 orang (10,53 persen) yang tersebar di 42 desa.

Tugas pokok dari POLINA, kata Guntur, membantu meringankan beban masyarakat. Khususnya stunting dengan memberikan bantuan dalam bentuk kebutuhan pokok masyarakat guna meningkatkan kebutuhan gizi bagi ibu hamil dan bayi.

“Program POLINA Polres Brebes melibatkan seluruh personil Polres Brebes mulai dari pimpinan tertinggi Kapolres, Kabag, Kasat, Kapolsek sampai dengan jajaran Bhabinkamtibmas. Program ini merupakan salah satu bukti keseriusan dalam rangka membantu bersama-sama Pemkab Brebes menekan angka kemiskinan dan stunting,” jelasnya.

Kapolres juga mengajak seluruh anggota Polres mensukseskan program POLINA di masyarakat, agar terbebas dari gizi buruk yang bisa menyebabkan terjadinya stunting.(Red3/Kesehatan).

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :, , , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 112,353