Petanque, Olahraga Yang Menyenangkan

RESMI : Pentaque Indonesia diresmikan pada 18 Maret 2011 silam dan pada tahun yang sama pula mulai dimainkan dalam ajang SEA Games yang berlangsung di Indonesia. Sampai saat ini pun sudah banyak komunitas petanque yang ada di Indonesia. (BeeNews.id/Zuhud)

BREBES – Mungkin olahraga petanque tidak sepopuler olahraga melempar lainnya. Namun, petanque sudah diperlombakan di berbagai ajang olahraga berskala internasional, mulai dari SEA Games, Asian Games sampai Olimpiade, olahraga yang satu ini juga butuh konsentrasi tinggi supaya bisa melempar bola besi dengan tepat.

Petanque biasa dimainkan di tanah berpasir yang tetap bisa membuat bola besi bergulir. Beberapa perlombaan petanque juga dimainkan di lapangan rumput atau permukaan datar lainnya.

Petanque sendiri merupakan olahraga yang menyerupai dengan permainan kelereng namun memiliki bentuk yang lebih besar. Nah untuk bola yang dipakainya pun bola besi atau bosi, bola kayu atau boka.

Ahmad Sholeh, merupakan salah satu atlet olahraga Petanque di Brebes ini. Sholeh mengatakan, olahraga petanque melakukan latihan umum di hari minggu rabu jumat jam 3 hingga 6 sore di GOR Sasana Kridha Adhi Karsa Brebes.

“Untuk saat ini Pentanque memasuki ajang porprov 3 nomor porprov pati raya di Jepara,” ujarnya saat ditemui di lapangan petanque GOR Brebes pada Senin, (9/4/2023).

Tak disangka, olahraga ini pun memiliki slogan tersendiri bagi sesama atlet pentanque yakni salam boka bosi.

Olahraga ini hampir sama dengan olahraga tolak peluru, hanya saja cara kerja yang berbeda. Kalau petanque ini dilempar dari bawah ke depan dengan landasan pasir atau tanah yang memiliki permukaan yang harus datar agar bola dapat berguling secara teratur.

Sedangkan tolak peluru ini dilempat dari atas bahu diberi dorongan kuat dan dilemparkan kearah depan.
(Red3/OlahRaga)

Editor : Nur Hayati

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,847