Peringatan Hari Anak Nasional di Pendopo Kabupaten Brebes

RAMAI : Suasana saat peringatan Hari Anak Nasional di Aula Pendopo Kabupaten Brebes. Acara tersebut terlihat sangat ramai dan anak-anak sangat senang dengan acara tersebut.(Beenews.id/Zuhud).

BREBES – Suasana Pendopo Bupati Brebes ramai dan riuh dipenuhi siswa siswi Taman Kanak-kanak (TK). Mereka unjuk kebolehan di hadapan Penjabat Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH, Kepala DP3KB, Satgas PPA, Forum Anak Kabupaten Brebes, serta para guru pendamping dan orang tua dalam gelaran Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke 39 Tingkat Kabupaten Brebes tahun 2023. Selasa (8/8).

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin menyambut baik peringatan Hari Anak Nasional tahun 2023 yang di gelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Brebes.

Selama ini, Pj Bupati Brebes, menyampaikan, bahwa komitmen terhadap perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Brebes juga diapresiasi oleh pemerintah pusat melalui penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat nasional.

“Alhamdulillah Kabupaten Brebes untuk kali kelima kembali mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak 2023 kategori Nindya pada (22/7) kemarin. Meskipun baru Nindya, kami bersama pemerintah kabupaten Brebes akan terus mendorong agar penghargaan ini meningkat terus dan penghargaan ini kami persembahan khusus untuk anak-anak Brebes. Semoga pada kesempatan mendatang bisa meraih di kategori Utama,” ungkal Urip.

Maka dari itu, kami titip pada bapak/Ibu lanjut Urip, kami ingin agar peringatan HAN 2023 dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” ini dapat meningkatkan semangat dan partisipasi seluruh pihak untuk semakin peduli terhadap anak, pintanya.

Pada peringatan Hari Anak Nasional 2023 ini adalah saat yang tepat untuk menggugah kepedulian dan partisipasi kita dalam menghormati dan menjamin hak-hak anak dan individunya tanpa diskriminasi. Memberikan yang terbaik, menjamin kelangsungan hidup dan menghargai pendapat anak-anak.

Di hadapan para Kepala OPD serta tamu undangan, Urip berpesan bukan hanya penghargaan saja yang kita kejar, namun bagaimana kita membangun anak-anak kita ini betul-betul anak-anak yang siap untuk meneruskan kita yang selama ini mungkin sudah berupaya membangun Brebes yang kita cintai.

Urip menegaskan, pendidikan itu penting, sebagai bekal anak-anak untuk kehidupan yang lebih baik kedepannya. Termasuk karena mereka akan menjadi penerus di kemudian hari untuk memajukan Kabupaten Brebes.

“Terus semangat untuk menggapai mimpi, karena kalianlah generasi penerus kami,” pesannya.

Urip juga mengapresiasi seluruh pihak dan panitia Peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Brebes tahun 2023 dalam bentuk tari-tarian yang melibatkan anak-anak secara langsung untuk mengenal, belajar sekaligus mengaktualisasikan diri. Ditambah lagi, nanti akan disuguhkan dongeng anak dengan tema “Keluarga Yang Ramah Anak” yang akan dibawakan oleh Kak Tedi Kartino dan Kak Nella Kristina dari kampung Dongen Tegal, pungkasnya.

Advertisements

Selanjutnya Kepala DP3KB Kabupaten Brebes Drs Ahmad Ma’mun dalam laporannya menyampaikan, maksud dan tujuan diselenggarakannya acara HAN 2023 tingkat kabupaten Brebes adalah memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus bangsa dan karenanya anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan, serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas, serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mendorong pemerintah, dunia usaha, dan lembaga pemasyarakatan, dunia pendidik, dan media massa menjadi leading sector untuk melakukan kerja aktif yang berindikasi terhadap tumbuh kembang anak dengan cara melakukan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di sektor masing-masing.

Mendorong percepatan pengembangan kabupaten layak anak, Alhamdulillah di tahun kelima ini kabupaten Brebes mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Nindya. Ini adalah capaian yang tidak mudah, dan kita patut bersyukur, semoga tahun depan bisa meraih kategori Utama.

Adapun untuk sasaran kegiatan ini adalah disamping OPD terkait, ada juga perwakilan dari Forum Anak Kabupaten, Kecamatan, desa, kelurahan, sektor Taman Kanak-kanak.(Red3/Galery Foto)

Editor : Irene Indah

TAG :, , , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,401