Penyebab Munculnya Mimpi Buruk dan Cara Mengatasinya

KONDISI : Mimpi buruk adalah mimpi yang menyebabkan seseorang merasa cemas atau takut, mimpi buruk seringkali membuat penderitanya terbangun dari tidur. Kondisi ini dapat dialami oleh semua kelompok usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Mimpi buruk bisa membuat seseorang terbangun dari tidur dengan perasaan takut atau cemas. Hampir semua orang pernah sesekali bermimpi buruk, tetapi ada juga orang yang sering mengalaminya, untuk mengatasi mimpi buruk yang terlalu sering muncul, kamu perlu mengetahui dulu apa penyebabnya.

Ketika mengalami mimpi buruk, seseorang akan terbangun dari tidurnya dengan reaksi yang beragam, seperti menjerit atau bahkan menangis. Mimpi buruk juga dapat membuat jantung berdebar cepat dan memicu keluarnya keringat.

Mimpi buruk sering kali membuat orang yang mengalaminya takut untuk kembali tidur karena masih terbayang kejadian yang ada didalam mimpinya.

Umumnya, anak-anak lebih sering mengalami mimpi buruk tetapi bukan berarti orang dewasa tidak bisa mengatasinya. Anak-anak biasanya mengalami mimpi buruk pada rentang usia 2-6 tahun dan intensitas mimpi buruk akan mulai berkurang saat usianya menginjak 10 tahun.

Biasanya mimpi buruk terjadi pada kisaran jam 4 hingga jam 6 pagi, setidaknya sekitar 25 persen anak mengalami satu kali mimpi buruk dalam seminggu.
Pada orang dewasa, mimpi buruk terjadi secara bervariasi, ada yang sangat jarang dan ada pula yang mengalaminya tiap minggu. Pemicu terjadinya mimpi buruk ada banyak dan bisa berbeda-beda pada setiap orang yang mengalaminya.

Ada beberapa penyebab orang mengalami mimpi buruk diantaranya stress, trauma, kurang tidur, konsumsi obat-obatan, menonton buku atau film seram dan kebiasaan makan terlalu larut malam.

Namun, ada sedikit keuntungan dari mimpi buruk, dari beberapa sumber mimpi buruk memberitahu diri kamu untuk lebih memperhatikan hidup. Bagi kebanyakan orang mimpi mungkin bukan masalah besar, tetapi, jika kamu sering mengalaminya atau merasa sulit untuk menenangkan diri setelahnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.

Berikut cara mengatasi mimpi buruk dirangkum dari berbagai sumber :

1. Tidur yang cukup

Agar kualitas tidur bisa lebih baik dan tidak sering mengalami mimpi buruk, cobalah untuk mengatur kembali waktu tidur. Disarankan untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya, jika sering susah tidur coba lakukan kebiasaan yang membuat kamu cepat mengantuk, salah satunya dengan menciptakan ruang tidur yang nyaman, coba untuk mandi air hangat, atau lakukan relaksasi.

2. Kelola stress

Apabila mimpi buruk dipicu oleh stress atau kecemasan, kamu bisa coba membicarakan apa yang kamu rasakan kepada orang yang kamu percayai sehingga stress kamu dapat berkurang.

Advertisements

3. Tulis mimpi-mimpi kamu

Para psikolog percaya bahwan mimpi kamu dapat membantu mengurangi kecemasan setelah mimpi buruk. Satu diantara jenis terapi yang memakai cara ini yakni Image Rehearsal Therapy, yang melibatkan mengingat kembali mimpi buruk, selain dengan menuliskannya kamu dapat menceritakannya dengan teman atau pasangan agar lebih lega.

Penting juga untuk tidak mendramatisasi mimpi buruk kamu, mimpi buruk yang kamu alami mungkin terlalu mengerikan dan tak terbayangkan. Tetapi ingatlah bahwa mimpi buruk bukan masa depan, bila kamu terlalu khawatir hanya akan meningkatkan mood negatif dalam diri.

(Red2/Psikologi)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 62,900