Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

KECANDUAN : Bukan hanya gangguan kesehatan fisik dan mental saja, pengguna narkoba umumnya akan mengalami penurunan kualitas hidup. Banyak dari kita yang harus merenungkan kembali mengenai masalah kecanduan.(BeeNews.id/Nur Hayati)

TEGAL – Berbagai faktor dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental pada seseorang. Salah satunya adalah penggunaan narkoba. Penggunaan narkoba baik jangka pendek maupun jangka panjang nyatanya sama-sama memiliki dampak negative bagi kesehatan mental.

Bukan hanya itu, penggunaan narkoba yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang mengalami kecanduan. Tentunya kondisi ini dapat menimbulkan berbagai dampak buruk pada kesehatan. Mulai dari gangguan jantung, sistem pernapasan, gangguan fungsi hati, hingga ginjal. Bahkan, tidak jarang penggunaan narkoba dapat menyebabkan overdosis yang mengakibatkan kematian.

Hal ini disebabkan kandungan pada narkoba yang dapat memicu gangguan pada otak. Baik dalam sistem saraf maupun fungsi otak. Hampir seluruh aktivitas yang kamu lakukan akan dipengaruhi oleh otak. Dengan menggunakan narkoba dalam jangka yang panjang, hal ini akan mengganggu cara neuron mengirim, menerima, maupun memproses sinyal melalui neurotransmitter.

Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, ada beberapa gangguan kesehatan mental yang kerap dialami oleh pengguna narkoba. Mulai dari paranoid, depresi, gangguan kecemasan, gangguan panik, dan juga halusinasi.

Kita biasanya mengingatkan kecanduan dengan lemahnya iman dan mengendalikan diri. Namun, alasan sebenarnya di balik keputusan mereka untuk menggunakan narkoba jauh lebih kompleks dari hanya sekedar rusaknya moral.

Kurangnya pemahaman tentang apa yang menjadi faktor risiko dan penyebab seseorang menjadi pecandu narkoba membuat banyak orang terbutakan oleh prasangka. Seseorang yang jatuh dalam jerat candu tidak berdaya untuk mengendalikan hasrat dan perilakunya.

Itulah sebabnya mengapa orang yang sedang berusaha lepas dari kecanduan perlu mendapatkan dukungan dan kasih sayang, bukan dikucilkan atau dihakimi.
(Red2/Psikologi)

Editor : Ahmad Wachidin

TAG :
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,602