Panitia Kongres Askab PSSI Brebes Gelar Seleksi Ketua Baru

MENGGELAR : Panitai Kongres Askab Brebes siap jaring ketua baru, Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kabupaten Brebes, dijadwalkan bakal menggelar Kongres Luar Biasa pada 11 Februari mendatang, untuk melaksanakan pemilihan Ketua Umum masa jabatan 2022-2026. Hal itu menyusul telah selesainya kepemimpinan Ketua Umum Askab PSSI Brebes Idza Priyanti pada Desember 2022 lalu.(BeeNews.id/Zuhud)

BREBES – Askab PSSI Brebes juga mulai melaksanakan tahapan pelaksanaan Kongres Luar Biasa. Termasuk, telah ditunjuknya Heri Fitriansyah sebagai Plt Ketua Askab PSSI Brebes, yang tugasnya untuk mengantarkan pelaksanaan Kongres Luar Biasa hingga terpilih ketua definitif.

“Sesuai hasil Kongres Biasa Askab PSSI Brebes pada 31 Desember 2022 lalu, telah ditunjuk Plt Ketua untuk mengantarkan pelaksanaan Kongres Luar Biasa memilih ketua baru,” ungkap Ketua Panitia Kongres Luar Biasa Askab PSSI Brebes, Rosidi, saat sosialisasi tahapan di markas Askab PSSI Brebes, Kamis sore (19/1).

Dia menjelaskan, tahapan pelaksanaan Kongres Luar Biasa juga telah dilaksanakan. Berawal pada 5 Januari, dengan agenda penetapan panitia Kongres Luar Biasa, Komite Pemilihan dan Komite Banding. Tahapan berikutnya, pada 18 Januari telah dilaksanakan sosialisasi melalui pengiriman surat sosialisasi kepada klub peserta Kongres Luar Biasa. “Hari ini, kami laksanakan tahapan sosialisasi pembukaan pendaftaran calon ketua. Sedangkan pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran mulai 26 Januari – 1 Februari,” jelasnya.

Tahapan lainnya, lanjut dia, berupa verifikasi dokumen adminstrasi para balon yang dilaksanakan pada 2-3 Februari. Sehari kemudian, pada 4 Februari dilaksanakan tahapan penetapan balon. Selanjutnya, pada 5-6 Februari penerimaan dokumen banding (jika ada-red), pada 7 Februari penetapan putusan banding (jika ada-red).

“Pada 8 Januari, kami akan mengirim undangan Kongres Luar Biasa kepada seluruh peserta. Kemudian, pada 10 Januari menjadi batas akhir pengiriman surat mandat peserta, dan terakhir 11 Februari pelaksanaan Kongres Luar Biasa,” terangnya didampingi anggotanya.

Menurut dia, dalam Kongres Luar Biasa itu, jumlah hak pilihnya sebanyak 46. Terdiri dari 24 hak pilih dari peserta Liga Brebes Super, 21 hak pilih dari peserta Divisi Utama Brebes, dan 1 hak pilih dari Futsal. “21 hak pilih dari peserta Divisi Utama Brebes ini ditetapkan saat Kongres Biasa, dengan acuan para klub yang hadir dalam Kongres Biasa tersebut,” paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk bisa mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua Askab PSSI Brebes, setiap kandidat harus memenuhi kriteria yang ditetapkan. Di antaranya, berusia minimal 25 tahun. Memiliki pengalaman selama 3 tahun dalam organisasi sepakbola dibawah naungan Askab PSSI dan harus memenuhi syarat yang ditentukan.

Kemudian, setiap kandidat harus diajukan dalam pencalonan sekurang-kurangnya oleh satu pemilik hak pilih (voter). Selain itu, setiap kandidat harus menjalani pemeriksaan integritas oleh Komite Disiplin Asprov PSSI Jateng. “Kreteria lainnya, setiap kandidat menandatangani surat penyataan akan patuh/tunduk kepada Statuta, Kode Pemilihan dan peraturan yang telah diterbitkanPSSI,” pungkasnya.(Red3/OlahRaga).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 79,498