Momentum Lebih Peduli Sampah dan Lingkungan Desa

DIAJAK : Masyarakat Desa Sigambir, kecamatan/Kabupaten Brebes diajak untuk bersih-bersih lingkungan desanya dalam rangka menyambut HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional) tahun 2023 yang akan jatuh pada tanggal 21 Februari nanti. Dengan kerja bakti seperti itu diharapkan pula menjadi ajang untuk lebih mempererat silaturahmi.(BeeNews.id/Zuhud).

BREBES – Menyambut HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional) tahun 2023 yang akan jatuh pada tanggal 21 Februari nanti, masyarakat Desa Sigambir, kecamatan/Kabupaten Brebes diajak untuk bersih-bersih lingkungan desanya.

Segenap elemen seperti TNI-Polri, Dinas LH, perangkat desa, serta Mahasiswa KKN Undip, tampak bergotong-royong bersama warga Sigambir untuk merapikan bahu jalan protokol desa maupun membersihkan saluran drainase.

Disampaikan Danramil 01 Brebes Kodim 0713 Brebes Kapten Infanteri Kunpriyanto SE, bahwa HPSN tahun ini diharapkan menjadi momentum bagi semua pihak untuk lebih peduli terhadap sampah dan kebersihan lingkungan.

“Dengan bertambahnya jumlah penduduk maka sampah menjadi salah satu masalah utama di dunia, terlebih lagi sampah plastik. Untuk itu perlu keterlibatan berbagai pihak dalam upaya pengelolaannya demi anak cucu kita,” bebernya.

Lanjut Kunpriyanto, kebersihan lingkungan sangat penting terutama untuk mencegah bahaya banjir di musim penghujan, mencegah berbagai penyakit terutama lewat perantaraan nyamuk, dan untuk kerapian lingkungan.

Kemudian jika saluran pembuangan air lancar maka badan jalan juga akan awet karena aspal tidak tergenang air.

“Kegiatan ini juga merupakan edukasi bagi warga agar lebih peduli terhadap lingkungannya. Jika lingkungan itu bersih, maka sudah jelas menunjukkan bahwa kepedulian/respek masyarakat disitu tinggi,” tegasnya.

Kunpriyanto menambahkan, dengan kerja bakti seperti itu diharapkan pula menjadi ajang untuk lebih mempererat silaturahmi antar warga, warga dengan perangkat desa, dan juga warga dengan TNI-Polri maupun unsur lainnya.

Sementara itu Ningsih, salah satu warga RT. 03 RW. 02 Desa Sigambir, menyatakan senang karena depan rumah dan lingkungannya jadi bersih.

Menurutnya, kerja bakti seperti itu agar rutin diagendakan oleh pihak desa dan bukan hanya saat jelang perayaan HPSN saja. Pasalnya, manfaatnya sangat banyak.(Red3/Umum).

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,744