Mengenal Kelezatan Rujak Belut, Kuliner Khas Brebes

RUJAK : Berbahan dasar belut yang berkualitas dan bersih kemudian diolah menjadi Rujak Belut, kuliner khas Brebes yang diminati banyak wisatawan. (BeeNews.id/ZuhudBudiaji)

BREBES – Brebes bukan hanya terkenal dengan khas telur asinnya yang melegenda, namun tersedia beragam wisata kuliner lezat di Brebes yang layak Anda coba saat berkunjung.

Kabupaten Brebes di Provinsi Jawa Tengah bukan hanya terkenal dengan destinasi wisata alamnya tetapi juga wisata kulinernya. Saat berkunjung ke Brebes tidak afdol rasanya jika tidak merasakan makanan khas daerah tersebut. Tak jarang orang-orang yang melewati kabupaten ini selalu menyempatkan diri untuk berhenti sejenak demi menyantap kuliner Brebes.

Beragam olahan dengan cita rasa yang lezat banyak disajikan di rumah makan dan pusat jajanan oleh-oleh. Menariknya, setiap olahan punya karakteristik berbeda dengan bumbu sangat khas. Ada yang dibakar, diberi kuah, ditumis dan digoreng. Semuanya disajikan dalam tampilan yang menarik pandangan.

Kebersihan dan kualitas bahan serta bumbu yang digunakan menjadi prioritas utama, disamping rasanya yang nikmat. Harga setiap porsinya sangat bersahabat dan tidak menguras isi kantong. Pilihannya juga sangat banyak, menyesuaikan selera wisatawan.

Untuk memudahkan wisatawan dalam berwisata kuliner, berikut rekomendasi wisata kuliner di Brebes yang paling populer.

Seperti namanya, bahan utama rujak ini adalah Belut. Varian lain dari olahan belut dengan rasa yang nikmat. Meskipun tergolong unik dan berbeda dari rujak pada umumnya, tapi menu ini menjadi idaman beberapa wisatawan saat bertandang ke Brebes.

Bahan untuk membuat rujak belut ini sebenarnya sangatlah mudah, antaralain cabai rawit, gula jawa, kecap, asam jawa, kacang tanah, jahe, garam dan terasi.

Semua bahan diulek agar cita rasanya semakin terasa. Proses pengulekan tidak harus sampai halus supaya ada sensasi seru saat disantap.

Bahan utama belut dari hasil tangkapan di sawah dicuci hingga bersih dan digoreng sampai matang. Belut yang sudah matang dipotong sebesar jari kelingking kemudian dilumuri bumbu rujak yang sudah dihaluskan tadi.

Dijamin rasanya sangat enak dan menggiurkan lidah. Belut sendiri memiliki kandungan protein tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan stamina. (Red3/Kuliner).

Advertisements

Editor : Ahmad Wachidin

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 70,919