Lomba Ketangkasan Siaga (LKS) Dalam rangka peringati hari lahir Baden Powell

MEWUJUDKAN : Pj Bupati Urip Sihabudin sebagai Yahnda saat upacara pembukaan LKS Kwartir Cabang Brebes di Lapangan Tenis Kompleks GOR Sasana Adhi Karsa. Dalam rangka peringati hari lahir Baden Powell, lomba ketangkasan bertujuan agar dapat menumbuhkan jiwa patriotisme, kerelawanan, cinta alam, saling menghormati dan mewujudkan dunia yang damai dan lebih baik.(BeeNews.id/Zuhud).

BREBES – Pramuka siaga merupakan kelompok generasi yang miliki potensial dan perlu bimbingan serta arahan untuk menjadi generasi emas. Lomba Ketangkasan Siaga (LKS) ini nantinya dapat menanamkan jiwa kepramukaan sejak usia dini, dengan begitu anak akan berkarakter dan berbudi.

Demikian disampaikan Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH sebagai Yahnda saat upacara pembukaan LKS Kwartir Cabang Brebes di Lapangan Tenis Kompleks GOR Sasana Adhi Karsa, Rabu (22/2).

“Kegiatan ini dapat menjadikan anak pramuka siaga mandiri, ceria, disiplin dan berkarakter. Kedepan pembinaannya juga harus lebih baik agar kelak menjadi anak yang berguna bagi agama, masyarakat, bangsa dan tanah air,” harap Urip.

Urip mengatakan, Pramuka siaga memprioritaskan perwujudan pembinaan prestasi sesuai dengan perkembangan mutu peserta didik, diharapkan mampu mewujudkan kualitas kader bangsa, serta memiliki tanggung jawab moral untuk berperan aktif dalam pembinaan prestasi pramuka seutuhnya.

“Selain untuk memperingati hari lahir Baden Powell, lomba ketangkasan bertujuan untuk menumbuhkan jiwa patriotisme, kerelawanan, cinta alam, saling menghormati dan mewujudkan dunia yang damai dan lebih baik,” tegasnya.

Lanjut Urip, dari tujuan itu, anak anak siaga para dapat menjiwai harapan dari bapak Baden Powell, dengan menciptakan dunia yang lebih baik lagi dengan pengamalan tri satya dan dasa darma Pramuka.

Urip juga menyampaikan, bahwa gerakan pramuka tidak kalah pentingnya, peran penting gerakan pramuka sebagai wadah pemersatu dan perdamaian generasi muda dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa.

“Yahnda sampaikan selamat bergembira, belajar sekaligus menambah sahabat dalam kegiatan lomba ketangkasan siaga ini. teruslah bersemangat untuk menjadi generasi emas Indonesia,” pesannya.

Ketua Kwarcab 11.29 Brebes Emastoni Ezam menyampaikan, Lomba Ketangkasan Siaga ini yang diikuti ratusan siswa tingkat SD perwakilan dari sekolah di 17 kecamatan se Kabupaten Brebes.

“Nantinya yang juara akan dikirim dan mengikuti lomba tingkat Kwarda, mereka akan bertemu dengan siaga dari berbagai daerah,” katanya.

Advertisements

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes Caridah mengatakan, bahwa kebijakan tentang Kepramukaan sudah ada di setiap sekolah. Jadi kegiatan ekstrakurikuler menjadi hal wajib dan diikuti siswa, dan telah terimplementasi dalam proses pembelajaran.

“Kami pun sangat mendukung, termasuk kegiatan lainnya, karena untuk mendukung mewujudkan profil pelajar Pancasila untuk mewujudkan Sekolah Merdeka,” terangnya.

Usai pembukaan lomba, Pj Bupati Brebes berkesempatan memberikan pertanyaan kepada para siaga, mereka pun terlihat antusias dan riang gembira. Didampingi para kakak pembina Pramuka Kwarcab Brebes.

Setelah melalui tahapan proses penjurian, akhirnya sebagai juara barung tergiat yang diikuti 17 Kwartir Ranting se Kabupaten Brebes adalah sebagai berikut.

Barung Putra, juara 1 SDN Tanjung 01, Kec Tanjung dengan nilai 742, juara 2 SDN Sidamulya 02 Kec Wanasari (737), harapan 1-3 secara berurut SDN Jipang 05 Bantarkawung (731), SDN Wlahar 01 Larangan (730) dan MI Assalam Kubangbungur Losari (729).

Sedangkan untuk Barung Putri, juara 1 MI Assalam Kubangbungur, Losari (742), juara 2 SDN Tanjung 01 Tanjung (734), juara 3 SDN Pende 02 Banjarharjo (731). Untuk juara harapan secara berurut SDN Brebes 03 Brebes (726), SDN Kutamendala 01, Tonjong (725) dan SDN Jatirokeh 01, Songgom (723).(Red3/Umum).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 112,562