Brebes Bakal Punya RPU, Kapasitas 2000 sampai 3000 Ekor per Jam

PETERNAKAN : Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Apel Siaga Juru Sembelih Halal (JULEHA) guna persiapan teknis untuk menyambut Hari Raya Idul Adha, dan penyerahan Hadiah Lomba Video Domba Sakub yang mengangkat potensi peternakan di Kabupaten Brebes. (BeeNews.id/Dinkominfotik Brebes)

BREBES : Rumah Potong Unggas (RPU) modern berkapasitas 2000 hingga 3000 ekor per jam akan segera terbangun di Kabupaten Brebes. Lokasi pembangunan berada di Kelurahan Limbangan Wetan, tepatnya dijalan alteri menuju Pantai Randusanga Indah (Parin).

“Pembangunan RPU ini ditunjukkan untuk memberikan perlindungan terhadap produk hewani, melalui pelayanan masyarakat dalam penyediaan daging yang sehat, aman dan halal,” ucap Bupati Brebes Hj Idza Priyanti, SE. MH saat Peletakan Batu Pertama Pembangunan RPU, Jumat (8/7) kemarin.

Idza mengatakan, daging yang sehat berarti mengandung zat-zat yang berguna dan seimbang bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh.

Aman berarti tidak mengandung penyakit dan residu, serta halal yang berarti disembelih dan ditangani sesuai dengan syariah islam.

“Maka dari itu, RPU harus didukung alat-alat pemotongan hewan yang baik dan higienis.

Demikian untuk mencegah produk asal hewan yang akan kita potong, kemungkinan terkontaminasi cemaran biologis maupun kimia yang dapat membahayakan kesehatan manusia,” tuturnya.

Lanjut Idza, di samping berfungsi dalam menyediakan daging, khususnya unggas yang sehat, aman dan halal.

RPU diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menghitung dan mengontrol jumlah pemotongan hewan/unggas, limbah pemotongan juga dapat ditangani dengan baik.

“Jika masyarakat banyak menggunakan layanan RPU, tentu akan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tandasnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes Dr. H Ismu Subroto menyampaikan, nilai kontrak pembangunan RPU sebesar Rp 6.87 miliar, waktu pengerjaan selama 180 hari oleh Kontaktor Pelaksana CV. Anilo Wijoyo. Diperkirakan selesai pada 14 Desember 2022.

Advertisements

“RPU ini nantinya akan menghasilkan 2000 hingga 3000 ekor per jam, selain kebersihan dan kehalalan, di RPU seluruh bagian dari unggas yang dipotong akan dipakai dan dimanfaatkan, dari tulang hingga bulunya tidak ada yang terbuang sia-sia,” jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Brebes Idza Priyanti, SE. MH, Wakil Bupati Brebes Narjo, SH. MH, Ketua Dekranasda, serta beberapa Kepala OPD Brebes. (Red4/Umum)

Editor: Nur Hayati

TAG :, , , , ,

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 51,057