Lima Tahun Vakum, Pekan Olahraga Pelajar Daerah Kembali Digelar

POPDA : Umi memandang penyelenggaraan Popda ini selain sebagai ajang kompetisi olahraga prestasi juga panggung kebersamaan untuk memajukan kehidupan olahraga Kabupaten Tegal dengan mengejar ketertinggalannya dengan daerah lain. (BeeNews.id/Humas Pemkab Tegal)

Slawi – Sejak terakhir kalinya digelar tahun 2018 lalu, pemerintah daerah kembali menyelenggarakan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Tegal Tahun 2023.

Bupati Tegal Umi Azizah saat membuka Popda 2023 di GOR Indoor Trisanja, Senin (08/02/2023) meminta dinas terkait agar memberikan perhatian lebih pada pembinaan olahraga prestasi di kalangan pelajar ini.

“Alokasikan anggaran yang lebih banyak lagi untuk pembinaannya baik lewat KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) ataupun sekolah-sekolah. Berikan uang saku pembinaan, belikan alat-alat ataupun kelengkapan personal yang menunjang para pelajar kita ini bisa masuk ke jalur olahraga prestasi.

“Popda ini adalah media seleksi awal untuk menjaring bibit-bibit muda berbakat juga atlet potensial dan berprestasi untuk berlaga, berkompetisi di tingkat provinsi yang ini harus dibina lebih serius lagi,” kata Umi.

Umi pun memandang penting tumbuhnya budaya olahraga di kalangan pelajar dan masyarakat. Selain menjadi kebutuhan pokok manusia, olahraga juga berfungsi sebagai sarana mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui ajang SEA Games, Asian Games hingga Olimpiade.

”Saya percaya bahwa dengan rutin berolahraga tidak saja menjadikan tubuh ini sehat, tapi juga menjadikan pikiran, perilaku dan juga emosi ataupun perasaan kita lebih terkendali, lebih rileks,” kata Umi.

Mengakhiri sambutannya, Umi meminta para atlet Popda bisa bangun semangat berprestasi, menjunjung tinggi sportivitas lewat kompetisi olahraga yang sehat. Adapun pada Popda Kabupaten Tegal Tahun 2023 ada 14 cabang olahraga yang dilombakan seperti panahan, atletik, catur, bulutangkis, sepak bola, renang, dan lainnya,

“Semangat terus untuk para peserta Popda. Semoga dapat mengharumkan nama baik sekolah, klub ataupun kecamatan dengan torehan prestasi terbaiknya,” pungkas Umi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni menjelaskan pelaksanaan Popda Tahun 2023 ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai 6-9 Februari 2023. Sedikitnya ada 3.000 peserta pelajar dari 18 kecamatan yang mengikuti ajang kompetisi ini.

Berbeda dari pelaksanaan Popda sebelumnya, peserta pemenang juara satu tidak serta-merta mewakili Kabupaten Tegal maju ke tingkat provinsi, tapi masih diseleksi kembali dengan peserta pemenang lain yaitu juara dua dan juara tiga.

Advertisements

“Siapa pun nanti yang menjadi pemenangya, tetap semangat. Jaga sportivitas, jaga fasilitas olahraga yang ada,” pesan Uwes. (Red4/Olahraga)

Editor: Nur Hayati

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,409