Latpurkota Sukses Digelar di Kota Tegal

TERIMA KASIH : Wali Kota Tegal Dedy mengucapkan terima kasih kepada Kodam IV Diponegoro, kesempatan ini kesempatan yang sangat baik, Kota Tegal ditunjuk untuk latihan peretempuran kota. (BeeNews.id/Humas Pemkot Tegal)

TEGAL – Latihan Pertempuran Kota (Latpurkota) Kodam IV/Diponegoro di wilayah Korem 071/Wijayakusuma Tahun 2022 berlangsung di Kota Tegal sukses dilaksanakan.

Latpurkota dilaksanakan di Kota Tegal pada Jum’at-Sabtu (11-12/03) di beberapa titik di Kota Tegal.

Usai Latpurkota pada Sabtu (12/03) pagi dilaksanakan Apel Gelar Pasukan di Jl. Pancasila Kota Tegal.

Hadir dalam apel tersebut Komandan Korem 071 Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, Komandan Kodim 0712/Tegal, Letkol Inf Charli Clay Lorando Sondakh, Komandan Lanal Tegal, Letkol Mar Ridwan Azis, Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmad Hidayat, Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono, Sekretaris Daerah Kota Tegal, Johardi serta unsur TNI AD, POLRI.

Bertindak selaku Inspektur Upacara yaitu Dan Rem 071 Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin dengan Komandan Upacara Dan Yonif 407/Padmakusuma, Letkol Inf Catur Irawan.

Secara langsung Komandan Korem 071 Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin membacakan amanat Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto. Dalam amanat tersebut menyampaikan selamat kepada para prajurit Yonif 407/PK beserta seluruh satuan yang terlibat atas keberhasilannya menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan dalam latihan pertempuran kota ini dengan baik.

‘’Saya juga mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara, yang meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, dapat mempersiapkan dan melaksanakan latihan ini dengan baik. Semua itu merupakan hasil kerja keras seluruh prajurit dalam latihan ini,’’ paparnya.

Juga disampaikan dalam amanat tersebut, tujuan diselenggarakan Latpurkota yakni untuk mengetahui sejauh mana kesiapan satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro dalam mendukung tugas pengamanan dan mengantisipasi ancaman radikalisme yang mungkin timbul di wilayah Jawa Tengah dan D.I.Y.

‘’Seperti kita ketahui, Jawa Tengah merupakan barometer Indonesia karena apapun yang terjadi di Jawa Tengah baik di bidang politik, ekonomi maupun sosial budaya dan pertahanan keamanan pasti akan berpengaruh terhadap situasi nasional. Jumlah penduduk Jawa Tengah yang cukup besar dan terdiri dari berbagai suku, agama, dan ras jika tidak dikelola dengan baik, juga sangat berpotensi menimbulkan konflik, apalagi disinyalir cukup banyak kelompok radikal yang tersebar di berbagai daerah di Jawa Tengah. Untuk itu kita harus mengantisipasi setiap potensi ancaman yang mengarah pada berkembangnya paham radikalisme dan kemungkinan terjadinya aksi-aksi terorisme,’’ paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Latpurkota yang dilaksanakan di Kota Tegal.

Advertisements

Sebelum dilaksanakan apel, Wali Kota bersama Dan Rem Wijayakusuma serta jajarannya, Dandim, Danlanal, Kapolresta, Sekda Kota Tegal serta Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemkot Tegal menyaksikan langsung pergerakan latihan para pasukan tempur secara daring melalui aplikasi zoom di Pendopo Ki Gede Sebayu pada Sabtu (12/03) dini hari hingga selesai.

Aksi pasukan tempur kota juga disiarkan secara live dan dapat disaksikan langsung oleh masyarakat melalui kanal youtube milik Diskominfo Kota Tegal.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,602