Langkah-Langkah Parkir Mobil Matik yang Benar Agar Transmisi Tetap Aman

MODEL : Matic merupakan salah satu model transmisi mobil selain manual. Beberapa tips ketika parkir mobil matic yang berbeda dengan mobil manual dapat dipelajari melalui tips otomotif.(BeeNews.id/Wildan Rizkiyadi)

JAKARTA – Untuk mengurangi risiko kerusakan transmisi pada mobil matic saat parkir, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Ketika memarkirkan mobil matic, pengemudi harus memperhatikan urutan pengoperasian tuas transmisi dan rem tangan. Eko, pemilik Everest Motor Spesialis Nissan & Datsun, menjelaskan bahwa pengemudi harus memastikan mobil berhenti sempurna sebelum memindahkan tuas transmisi ke posisi ‘P’. Sebelumnya, rem tangan harus ditarik penuh terlebih dahulu.

“Pastikan mobil sudah berhenti sempurna, jangan memindahkan tuas transmisi ke P sebelum menarik rem tangan secara penuh. Jika rem tangan sudah ditarik penuh, baru tuas transmisi bisa dipindahkan ke P,” kata Eko.

Eko juga menambahkan, memindahkan tuas transmisi langsung ke ‘P’ sebelum menarik rem tangan dapat menyebabkan parking pawl macet. Ini akan membuat perpindahan tuas dari posisi ‘P’ ke ‘R’ menjadi keras saat hendak meninggalkan tempat parkir.

Saat mobil matic berada di posisi ‘P’, mobil masih bisa bergerak sedikit maju atau mundur. Ketika mobil mencapai batas gerakan tersebut, parking pawl akan tegang. Jika pada saat ini rem tangan ditarik, mobil akan terparkir dengan kondisi parking pawl tegang, sehingga perpindahan tuas transmisi dari ‘P’ ke ‘R’ akan menjadi berat atau macet ketika hendak berjalan.

Terlebih lagi, jika mobil diparkir di tempat miring, beban kendaraan akan semakin membuat parking pawl tegang. Menurut Eko, kondisi ini dapat merusak komponen transmisi karena adanya unsur pemaksaan saat memindahkan tuas transmisi.

Oleh karena itu, Eko menyarankan untuk menarik rem tangan terlebih dahulu sebelum memindahkan tuas transmisi ke ‘P’. Harapannya adalah agar parking pawl tidak tegang karena mobil sudah berhenti dengan sempurna sebelum diparkir.
(Red1/Otomotif)

Editor : Indah Setiawati

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,427