Kurangi Kemiskinan Ekstrem Dinperinaker Gelar Pelatihan Pelintingan Rokok

PELATIHAN : Peserta yang mengikuti pelatihan keterampilan diharapkan bisa meningkatkan pengetahuannya. Untuk itu, peserta agar bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu selama pelatihan sehingga keterampilan yang didapat bisa menghasilkan produk rokok yang bagus. (BeeNews.id/Dinkominfotik Brebes)

BREBES – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Brebes menggelar pelatihan keterampilan linting rokok, di Hotel Grand Dian Brebes, selama tiga hari.

Pelatihan dikandung maksud untuk melatih kelompok Industri Kecil dan Menengah (IKM) meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya sehingga meningkatkan profesionalitas kerja serta dalam rangka mengatasi pengangguran di Kabupaten Brebes. Sehingga kemiskinan ekstrem di Kabupaten Brebes makin menurun.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Brebes Warsito Eko Putro, di sela pelatihan di Grand Dian Hotel Brebes, Sabtu (12/11)

“Ini upaya meningkatkan produksi tembakau dan mengatasi kesulitan mendapatkan tenaga kerja yang terampil dalam pelintingan rokok,” kata Eko.

Ia juga berharap agar peserta pelatihan mendapatkan ilmu dan keterampilan bagaimana cara melinting rokok yang baik agar menghasilkan linting rokok yang bagus.

“Dengan karya berkualitas bisa mememperoleh pendapatan, juga bisa mendukung peningkatan ekonomi sehingga kemiskinan ekstrem bisa teratasi,” ujarnya.

Selain itu, untuk memberikan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan serta keahlian para pelaku IKM rokok di Kab. Brebes dalam memproduksi rokok kretek dan filter dengan alat pelinting manual. Juga memberikan informasi kepada pelaku IKM rokok tentang cukai agar taat kepada peraturan cukai yang ditetapkan pemerintah.

Dari pelatihan ini dapat memberikan manfaat antara lain memperbaiki kemampuan para pelaku IKM rokok sehingga performance dalam bekerja semakin membaik dan meningkat.

Meningkatkan ketrampilan pelaku IKM rokok agar dapat melakukan produksi sesuai dengan standar yang di tetapkan. Memberikan kesadaran kepada para pelaku IKM rokok agar dapat mentaati regulasi yang di tetapkan pemerintah..

Pelatihan diikuti 20 peserta dari berbagai pelaku IKM di Kabupaten Brebes. Selama tuga hari mereka mendapatkan materi baik secara langsung, diskusi dan tanya jawab serta praktek. (Red4/Umum)

Advertisements

Editor: Nur Hayati

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,411