Kota Tegal Gelar Upacara Harkitnas ke 115

PERINGATAN : Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 115 tahun 2023 dengan tema “Semangat untuk bangkit” yang diselenggarakan di halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Balai Kota Tegal. (Beenews.id/Humas Pemkot Tegal)

TEGAL – “Semangat untuk bangkit” menjadi tema Hari Kebangkitan Nasional ke 115 tahun 2023, seperti terungkap dalam Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diselenggarakan di halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Balai Kota Tegal, pada Senin (22/5).

Dalam sambutan plt. Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Mohamad Machfud MD yang disampaikan oleh Inspektur Upacara Komandan lanal Tegal Letkol Mar Moch. Chanan Asfihani, M.Tr.Hanla, pentingnya merapatkan barisan perjuangan dan semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045.

“Pada 5 Mei 2023, Badan Kesehatan Dunia telah mengumumkan darurat kesehatan global untuk pandemi Covid-19 secara resmi dicabut. Selama 3 tahun terakhir, dengan kekurangan, tantangan dan masalah yang kita hadapi bersama, terbukti barisan rakyat Indonesia tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19, sekaligus memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Harkitnas ke 115 sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi,” sambutnya.

Hari Kebangkitan Nasional juga dimaknai sebagai perjuangan bersama kementerian/lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan perekonomian hingga geopolitik.

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia di tahun 2022 tumbuh 5,3% yoy (year on year), jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70% yoy, dan bahkan jauh melebihi pertumbuhan di masa pandemi 2019.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I tahun 2023 masih tercatat tumbuh 5,03% yoy, menunjukkan performa lebih baik dibanding triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01%.

Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah Indonesia di berbagai forum internasional, dimana dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum G20 yang mengangkat tema Recover Together Recover Stronger, dan forum ASEAN 2023 yang mengangkat tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

Dalam sambutannya, plt. Menteri Kominfo RI, Mohamad Machfud MD berharap agar capaian tersebut dipertahankan dan terus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia.

Pihaknya mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan semangat Kebangkitan Nasional, merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan Kerja Keras, Kerja Cerdas juga Kerja Bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

Upacara Harkitnas yang berlangsung di halaman Pendopo Kota Tegal dihadiri oleh unsur TNI/POLRI, PNS, Ormas dan Pramuka, diantaranya adalah Kodim 0712/Tegal, Lanal TEgal, Polres Tegal Kota, Korpri Kota Tegal, PGRI Kota Tegal, MPC Pemuda Pancasila, Banser, Senkom Mitra Polri, FKPPI, RAPI, KNPI dan Kwarcab Pramuka Kota Tegal.
(Red2/Umum)

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,314