Kodim 0713 Brebes Tanam Pohon Kayu Keras di Lapangan Tembak Kodim

PENGHIJAUAN : Tujuan utama dari penghijauan di tempat tersebut agar penyerapan air menjadi bagus sehingga tanah di sekitar areal latihan menembak kodim itu tidak becek selepas diguyur hujan. Terdapat 800 bibit pohon yang ditanam pada Lapangan Tembak Kodim Brebes diantaranya ada mahoni 250 batang, kemudian albasia 250 batang, dan bibit srikaya sebanyak 300 batang.(BeeNews.id/Doc).

BREBES – Anggota TNI Kodim 0713 Brebes melakukan penanaman pohon kayu keras untuk merindangkan Lapangan Tembak Kodim di Desa/Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Jumat (10/3/2023).

Disampaikan Dandim Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki melalui Pasiter Kapten Infanteri Surikan, bahwa penghijauan di lapangan tembak kodim itu merupakan salah satu kegiatan penghijauan tahun 2023 di wilayah Kabupaten Brebes.

“Ada 800 bibit pohon yang kita tanam di Lapangan Tembak Kodim Brebes yang meliputi mahoni 250 batang, kemudian albasia 250 batang, dan bibit srikaya sebanyak 300 batang,” bebernya.

“Selama ini aktivitas latihan menembak terganggu karena genangan air di areal lapangan tembak,” sambungnya.

Pihaknya berharap agar ratusan bibit yang telah ditanam itu kedepannya juga bisa bermanfaat sebagai penyejuk lingkungan, penyerapan karbondioksida dari kendaraan bermotor yang melintasi jalan raya di samping lapangan tembak, kemudian sebagai sumber oksigen baru, serta bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar dari hasil buah-buahan maupun kayu bakar yang berasal dari ranting-ranting pohon yang jatuh.

“Sebelumnya pada Januari 2023 lalu, kita juga telah menanam bibit buah-buahan yaitu mangga, sawo, jambu Kristal, dan kelengkeng,” tandasnya.

Untuk itu pihaknya meminta kepada warga masyarakat di sekitar areal bekas Lapangan Terbang TNI AD seluas 11,6 hektar yang juga terdapat Lapangan Tembak Kodim Brebes itu, untuk ikut merawat apa yang telah ditanam.

Pasalnya, selain hasilnya nanti juga untuk masyarakat, vegetasi di sekitar areal bekas lapangan terbang itu juga untuk membantu menjaga sumber air tanah bagi pertanian warga di sekitarnya, khususnya pada musim kemarau.

Turut hadir yaitu Kasi Trantib Kecamatan Songgom Gaizin SE, perangkat desa setempat, dan juga warga masyarakat setempat.(Red3/Umum).

Editor : Irene Indah

Advertisements
TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,849