Kedamaian dan Suasana Alam yang Tenang di Lembah Karmel Cikanyere

SUKA CITA : Seluruh peserta Rekoleksi dan Prosesi Bunda Maria dari Gereja Hati Kudus Yesus Kota Tegal yang diadakan oleh Komunitas TriTunggal Mahakudus Tegal foto bersama di depan Patung Yesus di Lembah Karmel. Sebanyak 120 peserta mengikuti Rekoleksi pada tanggal 11-12 Mei 2024. Mereka berangkat dari Tegal hari jumat malam dengan penuh suka cita.(BeeNews.id/Wijaya Kusuma)

CIANJUR – Lembah Karmel Cikanyere di Cianjur adalah sebuah pusat retret Katolik yang dikelola oleh Ordo Karmelit. Terletak di dataran tinggi dengan pemandangan alam yang indah. Lembah Karmel menjadi destinasi populer bagi mereka yang mencari ketenangan dan kedamaian untuk berdoa dan merenung.

Didirikan oleh Ordo Karmelit, Lembah Karmel menyediakan tempat bagi umat Katolik yang ingin menjalani retret dan memperdalam kehidupan rohani mereka. Tempat ini terletak di dataran tinggi yang sejuk, menawarkan suasana yang tenang dan damai jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota.

Fasilitas yang disediakan:

1. Kapel dan Ruang Doa.

 

Terdapat beberapa kapel dan ruang doa yang tersedia untuk berdoa pribadi maupun ibadah bersama. Kapel utama sering digunakan untuk Misa dan kegiatan ibadah lainnya.

2. Akomodasi.

Lembah Karmel menyediakan berbagai jenis akomodasi yang dapat menampung tamu dari berbagai latar belakang. Mulai dari kamar sederhana hingga yang lebih nyaman. Semuanya dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi para tamu yang menginap.

3. Toko Rohani

Terdapat Toko Rohani di Lembah Karmel yang menyediakan berbagai sarana ibadah seperti Rosario, Salib, Patung Yesus dan Maria serta benda – benda rohani lainnya. Selain itu juga terdapat berbagai kaos dengan tulisan Lembah Karmel untuk kenang-kenangan.

4. Tempat Oleh-Oleh.

Bagi pengunjung yang tidak sempat berbelanja di luar. Disini juga disediakan berbagai macam oleh-oleh khas Cianjur seperti Tape, Kripik, Manisan, Bakcang dan lain2nya.

Beberapa kegiatan yang dapat diikuti yaitu :

1. Jalan Salib.

 

Salah satu fitur utama Lembah Karmel adalah Jalan Salib yang berada di luar ruangan. Pengunjung dapat berjalan dan merenungkan peristiwa-peristiwa sengsara Kristus sambil menikmati keindahan alam sekitar.

2. Program Retret.

Lembah Karmel menyelenggarakan berbagai program retret yang dipimpin oleh para Imam dan Bruder Karmelit. Program-program ini dirancang untuk berbagai kelompok, termasuk keluarga, kaum muda, dan para rohaniawan.

3. Misa Penyembuhan.

Misa penyembuhan diadakan dua kali setiap bulan, yaitu pada minggu kedua dan keempat. Misa Penyembuhan dimulai pukul 09.30 pagi dan dipimpin oleh Romo Yohanes beserta para romo lainnya. Setelah misa penyembuhan selesai, dilanjutkan dengan sesi doa penyembuhan di mana umat dapat memohon doa khusus dari Suster, Frater dan Pastor.

4. Lintasan Alam.

Tempat ini juga dikelilingi oleh jalur-jalur alam yang indah, memungkinkan pengunjung untuk berjalan-jalan dan bermeditasi di tengah-tengah alam.

Advertisements

Lembah Karmel bertujuan untuk menyediakan tempat di mana umat dapat mengalami penyegaran rohani dan memperdalam iman mereka. Dengan suasana yang mendukung ketenangan dan refleksi, tempat ini membantu pengunjung untuk lebih dekat dengan Tuhan dan menemukan kembali makna hidup mereka.

 

Banyak pengunjung yang datang ke Lembah Karmel merasa mendapatkan ketenangan batin dan kedamaian setelah mengikuti retret atau berdoa di tempat ini. Mereka yang pernah berkunjung seringkali menyebutkan pengalaman spiritual yang mendalam dan perasaan diperbarui setelah menghabiskan waktu di sana.

Pengunjung disarankan untuk membuat reservasi terlebih dahulu, terutama jika ingin mengikuti program retret atau menginap di akomodasi yang tersedia.

Dengan pemandangan yang indah dan fasilitas yang memadai, Lembah Karmel di Cianjur menjadi pilihan ideal bagi siapa saja yang ingin mencari kedamaian dan mendekatkan diri kepada Tuhan dalam suasana alam yang tenang.
(Red2/Galery Foto)

Editor : Indah Setiawati

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,409