Ke Pemalang Jangan Lupa Mencicipi Nasi Grombyang

LENGKAP : Nasi Grombyang makin lengkap disantap dengan sate daging dan babat. (BeeNews.id/Lenny Kusuma Putri)

PEMALANG – Nasi grombyang adalah sejenis nasi campur yang merupakan makanan khas dari masyarakat Pemalang, Jawa Tengah. Nama makanan ini berasal dari bentuk penyajiannya, yaitu antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan bergoyang – goyang. Dalam bahasa Jawa grombyang – grombyang, artinya bergoyang – goyang.

Kuliner yang satu ini merupakan kuliner legendaris yang sudah sangat populer di Pemalang. Kalau dilihat sekilas, tampilannya mirip dengan nasi rawon. Sama seperti rawon, Nasi Grombyang juga menggunakan kluwek sehingga kuahnya berwarna hitam.

Namun kuah Nasi Grombyang lebih encer, dan memiliki rasa serta aroma yang lebih khas karena diberi taburan serundeng atau kelapa parut yang disangrai. Dalam satu porsi Nasi Grombyang biasanya berisi nasi, potongan daging sapi atau kerbau, serta diberi kuah. Satu porsi Nasi Grombyang biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 15.000 saja.

Untuk yang sedang mampir di Pemalang jangan lupa mencicipi sensasi nikmatnya nasi grombyang. Salah satu warung yang menjual nasi grombyang yang cukup terkenal ada Nasi Grombyang Bapak H. Warso.

Bagi warga Pemalang pasti sudah tidak asing lagi dengan warung makan ini karena terkenal legendaris dan tempatnya yang berada di dekat Alun – alun Pemalang.

Berlokasi di Jalan R.E. Martadinata Kelurahan, Pelutan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.

“Dagingnya empuk sekali dengan potongan dadu dan lapisan lemak. Kuahnya pekat kaldu dan rasanya manis. Untuk sate ada dua macam yaitu daging dan babat. Sate dagingnya juga enak sekali.” kata Silvia salah satu pecinta kuliner nasi grombyang H. Warso.
(Red1/Kuliner)

Editor : Ahmad Wachidin

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,305