Gemblong Kocar-Kacir, Jajanan Jadul Khas Tegal yang Wajib Kalian Cobain!

JADUL: Gemblong Kocar-Kacir, jajanan jadul khas Tegal yang terbuat dari singkong ini biasa dijual di pasar-pasar tradisional dan dijajakan secara keliling. (BeeNews.id/Listiya)

TEGAL – Kulineran di Tegal tidak hanya bisa cicip tahu aci dan sate batibul saja, tapi juga bisa menikmati Gemblong Kocar-Kacir. Jajanan manis khas Tegal yang terbuat dari singkong ini biasa dijajakan di pasar-pasar tradisional Tegal.

Meski sekarang sudah tak se populer jajanan lainnya, tapi Gemblong Kocar-Kacir ini selalu mendapatkan tempat sendiri di hati masyarakat Tegal.

Proses pembuatan gemblong kocar-kacir cukup memakan waktu yang lama. Pertama-tama singkong dikupas dan direbus sampai matang, kemudian ditumbuk menggunakan alat berupa lumping batu dan alu hingga halus dan lembut. Setelah itu, adonan singkong diletakkan pada wadah datar dan diratakan.

Penyajian gemblong kocar-kacir dengan cara dipotong kotak-kotak kecil dan ditaburi kelapa parut. Selanjutnya gemblong diberi gula merah cair yang kental dengan cara dituang sehingga disebut kocar-kacir. Gemblong kocar-kacir disajikan menggunakan daun pisang dan ditusuk dengan lidi.

Keberadaan Gemblong Kocar-Kacir sudah ada sejak zaman dahulu sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Namun kini kelestariannya semakin terancam. Sebagian besar penjual gemblong kocar-kacir adalah orang tua.

Proses pembuatannya yang lama dan membutuhkan banyak tenaga, serta harganya yang murah hanya Rp 2.500 per porsi membuat banyak orang enggan menjual jajanan ini. Padahal rasanya yang manis dan gurih tak kalah dengan jajanan sekarang. (Red2/Kuliner)

Editor: Indah Setiawati

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,593