Kapolres Brebes Pimpin Upacara di Peringatan HUT Satpam

PEDULI : Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq saat melakukan pemotongan tumpeng di hari peringatan satpam yang ke 42 di halaman Mapolres Brebes. Di HUT Satpam tahun ini mengusung tema “Sinergisitas Satpam dan Polri, Peduli untuk Sesama”.(BeeNews.id/Zuhud).

BREBES – Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq Pimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam ke 42 di halaman Mapolres Brebes, Senin (30/1).

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-42 Satuan Pengamanan Tahun 2022 dengan mengusung tema “Sinergisitas Satpam dan Polri, Peduli untuk Sesama”.

“Upacara ini merupakan puncak peringatan HUT ke-42 Satpam dimana sebelumnya telah dilakukan beberapa rangkaian kegiatan seperti tabur bunga, pemutaran film edukasi penyalahgunaan Narkoba di bioskop seluruh Indonesia, lomba gerak jalan, bhakti sosial dan berbagai kegiatan lainnya,” kata Kapolres Brebes AKBP Guntur saat membacakan isi sambutan Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga turut mengajak kepada peserta upacara untuk memberikan penghormatan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof Dr Awaloedin Djamain sebagai Bapak Satpam Indonesia.“Marilah kita menundukkan kepala sejenak untuk mengenang dan mendoakan Bapak Kapolri ke-8, sekaligus Bapak Satpam Indonesia, Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, M.P.A., yang telah berjasa besar dalam membentuk dan membesarkan Satpam sampai dengan saat ini. Teriring doa semoga Almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” lanjutnya.

Kapolres Brebes menyampaikan, bahwa kehadiran Satpam merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan peamanan dan ketertiban. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Charles P. Nemeth, seorang Professor di John Jay College bahwa peran Satpam banyak digunakan untuk mendeteksi dan mencegah kegiatan criminal,” tegasnya.

Lebih lanjut, dalam perkembangannya, Satpam menjadi salah satu bagian yang esensial di berbagai sektor seperti industri, perkantoran, pendidikan, pariwisata, dan lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan. Dengan kompetensi khusus yang tidak dimiliki masyarakat pada umumnya, rekan-rekan Satpam terus mendukung tugas Polri dalam menghadapi berbagai tantangan tugas seperti pada penanganan Pandemi Covid-19.

“Kami sangat merasakan peran rekan-rekan Satpam dalam melakukan strategi pengendalian Covid-19 khususnya penguatan protokol kesehatan di berbagai pusat aktivitas masyarakat. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi- tingginya kepada rekan-rekan Satpam atas dukungannya selama ini. Alhamdulillah, saat ini laju pertumbuhan Covid-19 dapat terkendali dan kita tengah memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi serta mulai berfokus pada pemulihan ekonomi,” lanjutnya.

Guntur juga tak lupa untuk mengucapkan rasaa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, Badan Usaha Jasa Pengamanan, pengurus Asosiasi Jasa Pengamanan, serta segenap stakeholder terkait lainnya atas kerja sama yang sinergis sehingga situasi stabilitas kamtibmas dapat kondusif.(Red3/Umum).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,829