Juara 1 Gobak Sodor Festival Olahraga Rekreasi Daerah (FORDA) Diraih Tim Tirta Baribis

JUARA : Tim Gobak Sodor putri dari Perumda Air Minum Tirta Baribis Brebes berhasil menjadi juara 1 lomba Gobak Sodor dalam Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda). Juara 2 Tim Dishub Brebes dan juara 3 Tim Satpol PP Brebes. Sedangkan untuk juara 1 Putra dimenangkan tim KORMI Kab Batang, juara 2 Tim KKG Korwilcam Ketanggungan dan juara 3 Tim Lapas Brebes.(BeeNews.id/Zuhud).

BREBES – Festival yang diikuti 23 Tim dari berbagai OPD, BUMN/BUMD, dan berbagai perkumpulan itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Brebes Caridah, di Kompleks GOR Sasana Krida Adhi Karsa Brebes, Selasa (14/2).

Dalam sambutannya, Caridah mengatakan kalau FORDA menjadi event festival dan promosi olahraga rekreasi masyarakat. Hal ini sebagai bentuk pelaksanaan amanat Undang-undang Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN), pasal 19 ayat 1 sd 6 tentang olahraga rekreasi. FORDA menjadi tanggungjawab KORMI Daerah (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia tingkat Daerah sebagaimana diatur dalam AD dan ART KORMI.

“Saya berharap, festival ini bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air dan kebudayaan Indonesia melalui permainan tradisional serta mempererat tali persaudaraan antar sesakma masyarakat dan meningkatkan persatuan dan kesatuan,” tutur Caridah.

Permainan Tradisonal merupakan aset negeri yang tidak akan terlupakan seiring dengan perkembangan jaman. Seperti permainan gobak sodor tidak pernah luput dengan perkembangan jaman modernisasi. Untuk itu harus dan terus dikembangkan dan dilestarikan, melalui kegiatan FORDA.

“Dengan adanya olahraga tradisional yang terus dikembangkan dan dilestarikan, maka akan menumbuhkan cinta tanah air, cinta budaya Indonesia,” pungkasnya.

Ketua Panitia FORDA Moh Aka Dharma Wahana menjelaskan, Forda diikuti 23 Tim, terdiri dari 15 Tim Putra dan 8 Tim Putri. Mereka berasal dari unsur masyarakat umum dan ASN di Kabupaten Brebes serta utusai KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia tingkat daerah se eks Karesidenan Pekalongan(Red3/OlahRaga).

Editor : Irene Indah

TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 118,410