Kenali Tantrum pada orang dewasa dan cara menanganinya !

PENYEBAB : Tantrum adalah ledakan emosi yang muncul saat keinginan seseorang tidak terpenuhi. Penyebab tantrum pada orang dewasa adalah ketidakmampuan mereka untuk memaafkan, stress, ketidakdewasaan emosi dan pengaruh dari lingkungan. (BeeNews.id/Psikologi)

TEGAL – Tantrum kebayakan ditemukan pada anak-anak, namun bisa juga terjadi pada orang dewasa. Gangguan ini dapat menyebabkan seseorang secara tiba-tiba mengamuk atau bahkan menangis karena suatu hal.

Jika hal ini terjadi pada orang disekitar kamu, tentu perasaan bingung dapat timbul terkait cara untuk mengatasinya. Pada sebagian besar kasus, tantrum dikategorikan sebagai ledakan emosional yang melibatkan fisik atau teriakan akibat rasa marah, frustasi atau ketidaksenangan.

Pada orang dewasa, tantrum terjadi akibat pengidapnya kesulitan untuk mengatasi rasa tegang atau emosi yang menyakitkan. Tantrum pada orang dewasa dapat terjadi akibat pendidikan dari orang tua saat masih dalam pengasuhan.

Contohnya, banyak anak-anak dan remaja yang tidak mendapatkan pembelajaran sosio-emosional, sehingga kesulitan untuk mengatur emosinya dalam berkomunikasi. Hal ini juga dapat terjadi saat adanya pembicaraan dari emosi yang meledak-ledak dari orang tua saat masih anak-anak.

Pada suatu waktu, tantrum pada orang dewasa juga dapat menjadi indikasi terjadinya gangguan kesehatan mental yang serius. Beberapa masalah mental yang dapat menyebabkan masalah antara lain gangguan kepribadian dan gangguan suasana hati.

Maka dari itu setiap orang dewasa yang mengalami masalah ini perlu tahu cara mengatasinya dengan tepat.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi tantrum pada orang dewasa :

  1. Hindari pemicunya

Setiap orang tidak dapat merencanakan setiap hal akan berjalan seperti keinginan. Terkadang, ada beberapa momen yang dapat memicu emosi dan menyebabkan timbulnya perasaan marah hingga tantrum.

Maka dari itu, untuk menghindarinya, kamu harus tahu berbagai jenis situasi yang dapat memicu lonjakan emosi, sehingga dapat menentukan strategi untuk mencegah ledakan amarah. Pastikan kamu mencatat semua situasi yang menyebabkan hilang kendali terhadap emosi agar lebih baik.

  1. Latihan Teknik Relaksasi

Tantrum pada orang dewasa juga dapat dihindari atau diatasi dengan menerapkan teknik latihan relaksasi. Meski begitu, metode ini tidak dapat menggantikan terapi dan perawatan profesional lainnya, agar pengelolaan rasa emosi menjadi lebih baik.

Advertisements

Pastikan untuk melakukan teknik ini secara teratur agar menjadi bagian dari rutinitas. Beberapa teknik relaksasi yang dapat dilakukan adalah relaksasi otot progresif, pernapasan dalam, serta meditasi.

  1. Latihan Cara Berkomunikasi

Saat perasaan marah timbul, mungkin kamu merasa lebih puas saat berteriak atau membanting barang, tetapi dapat menimbulkan kesan yang buruk untuk orang lain. Selain itu, tindakan ini juga tidak dapat membantu untuk kamu menyelesaikan masalah bahkan cenderung mampu melukai diri sendiri serta orang lain.

Komunikasi yang lebih baik juga dapat membantu untuk mengekspresikan kemarahan dengan cara yang lebih baik. Jika kamu dapat menjelaskan emosi dan perasaan yang ada, orang lain dapat memiliki kesempatan untuk memahami masalahnya bahkan membantu untuk menyelesaikannya. Cobalah untuk mendapatkan bantuan ahli medis jika benar-benar diperlukan.

Semua hal tersebut dapat dilakukan dengan bantuan dari ahli medis profesional bahkan membutuhkan bantuan obat-obatan jika diperlukan.

Dipercaya jika terapi perilaku kognitif dapat membantu untuk mengatasi tantrum pada orang dewasa. Dengan rutin memeriksakan diri, diharapkan kamu dapat menjadi seseorang yang lebih baik dari hari kemarin dalam mengontrol emosi.
(Red2/Psikologi)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,294