Ini Dia Penyebab Noise dan Dengung Pada Sound System

PENYEBAB : Dengung atau Noise pada sound system banyak penyebabnya. Paling sering terjadi pada sound system yang perangkat serta aksesorisnya rakitan atau dirakit sendiri. Meski tidak terdengar noise atau dengung namun saat di gabung dengan perangkat lainnya baru akan terdengar.(BeeNews.id/Zuhud)

BREBES – Berbagai macam masalah dalam sound system ada banyak, namun ada hal yang paling sering kita jumpai adalah masalah suara mengganggu seperti dengung hum, desis atau suara-suara yang tidak diinginkan dan sangat mengganggu, apalagi saat musik berhenti akan sangat jelas terdengar.

Dengung atau Noise pada sound system banyak penyebabnya dan yang paling sering terjadi pada sound system yang perangkat serta aksesorisnya rakitan atau dirakit sendiri. Meski tidak terdengar noise atau dengung namun saat di gabung dengan perangkat lainnya baru akan terdengar.

Lalu apa saja penyebab dari noise atau dengung? Berikut rangkuman dari Jurnalis Bee News :

1. Microphone

Micrhophone/mic adalah urutan pertama dari system audio, microphone yang salah pemasangan kabel di bagian dalam mic juga akan berpengaruh ketika mic dipegang, sehingga akan terjadi dengung.

2. Mixer

Mixer adalah urutan kedua, bagi yang tidak terlalu paham cara memixing juga bisa mengakibatkan noise desis atau ngeses dan itu biasanya terjadi pada mixer yang kualitasnya dibawah standar. Nois dengung bisa disebabkan karena power suplai mixer jelek / melakukan boosting frekuensi High yang berlebihan.

3. Kabel input

Kabel input yang menghubungkan dari out mixer ke aksesoris dan ke power juga sangat berpengaruh serta sering menjadi penyebab utama terjadi noise/dengung. Untuk itu pakailah kabel yang bagus dan berisi 3 seperti kabel mic, dan pemasanganya harus mengikuti skema input dari perangkat tersebut.

4. Aksesoris

Nah aksesoris seperti equalizer, BBE,dan lainya juga sering menyebabkan noise. Dan yang sering terjadi adalah pada aksesoris rakitan, dimana perakitan yang kurang rapih serta suplai yang jelek dapat mengakibatkan noise atau dengung.

5. Power Amplifier

Power amplifier rakitan juga masih sering dipakai oleh sound system rakitan terutama bagi pecinta power rakitan, karena dengan rakitan yang bagus maka rasanya akan bangga dengan buatan sendiri. Namun banyak yang mengabaikan perakitan yang rapih serta penggunaan kabel input, dimana kabel input tidak bisa menggunakan kabel biasa. Jadi untuk mengecek power yang bebas noise pastikan volume diputar max tanpa kabel input, jika bersih maka power bagus.

Nah, itulah beberapa tips sederhana dari Jurnalis BeeNews bagi yang menggunakan power/acc rakitan. Serta wajib membuat kabel ground untuk ditancapkan ke tanah basah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti dengung/setrum.

Semoga dapat bermanfaat ya..
(Red3/Elektronik)

Advertisements

Editor : Ahmad Wachidin

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 80,016