Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes

BERKUMPUL : Masuk ke dalam kawasan hutan, ada tempat yang menjadi favorit untuk berkumpul sambil menikmati laut utara. Spot ini berhawa sejuk lantaran sinar matahari tertahan oleh rimbunnya hutan. Tidak mengherankan, sepanjang track ini selalu dipadati warga yang sekadar ngadem sambil makan dan minum.(BeeNews.id/Zuhud).

BREBES – Kawasan hutan mangrove Desa Kaliwlingi, Brebes, banyak didatangi wisatawan pada libur Lebaran kali ini. Panorama kawasan mangrove dan sejuknya udara pantai menjadi alasan mereka datang ke lokasi wisata ini.

Bekas permukiman warga yang tenggelam karena abrasi beberapa tahun silam di Desa Kaliwlingi sekarang menjadi destinasi wisata favorit. Rimbun mangrove di kawasan ini memiliki potensi wisata dengan pemandangan indah dan udara sejuk.

Terletak di pesisir utara Kecamatan Brebes, tepatnya di Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, lokasi ini berjarak sekitar 17 km dari ibu kota Kabupaten Brebes. Untuk menuju lokasi wisata mangrove, pengunjung harus melalui Desa Sawojajar Wanasari kemudian ke arah timur menyusuri areal tambak.

Kawasan ini menjadi tujuan wisata bagi masyarakat baik lokal maupun luar daerah. Saat momen Lebaran, warga berbondong-bondong mendatangi kawasan hutan pantai ini.

Selain bisa menyusuri track hutan mangrove, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam melalui gardu pandang. Ada dua bangunan menjulang yang disediakan untuk melihat hutan dari atas. Di lokasi ini pula banyak terdapat spot-spot untuk berswafoto.

Bagi penggemar kuliner, beberapa warung tersedia dengan sajian khas seafood. Mereka menjual makanan dengan harga terjangkau.

Berkunjung ke lokasi wisata ini juga memiliki sensasi tersendiri. Setiap wisatawan yang masuk akan diantar perahu motor pulang pergi. Selama naik perahu, pengunjung bisa menyusuri rerimbunan hutan.(Red3/Wisata).

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,568