Gerakan Pramuka, Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa

PENGHARGAAN : Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono sekaligus Kamabicab Gerakan Pramuka Kota Tegal dalam kesempatanya juga menyerahkan penghargaan dari Kwartir Daerah untuk penghargaan Pancawarsa, Penghargaan Darma Bakti dan melati dari Kwartir Nasional. (BeeNews.id/Humas Pemkot Tegal)

TEGAL – Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 61 Kwartir Cabang Kota Tegal dengan tema Mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan Bangsa berlangsung di Lapangan Bumi Perkemahan Kota Tegal, Senin (15/8) pagi.

Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono sekaligus Kamabicab Gerakan Pramuka Kota Tegal membacakan langsung sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen. Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso.

Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyampaikan bahwa pengabdian yang dilakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan pramuka.

“Sejak usia pramuka siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dilakukan di lingkungan keluarga kita masing-masing maupun di lingkungan masyarakat disekitar tempat tinggal kita,’’ papar Dedy Yon yang membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Dalam sambutan tersebut juga menyampaikan bahwa semua bentuk pengabdian yang dilakukan sejalan dengan kode kehormatan pramuka, yaitu Dwi Satya dan Dwidarma untuk Pramuka Siaga, serta Trisatya dan Dasa Darma untuk golongan pramuka lainnya.

Disemua kode kehormatan gerakan pramuka itu ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku,agama,ras,dan antar golongan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas peran serta semua yang terlibat dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19. Antara lain melalui kegiatan gerakan kedisiplinan nasional,dengan mematuhi protokol kesehatan dan mengajak sebanyak mungkin orang untuk juga patuh pada protocol kesehatan. Serta kegiatan gerakan kepedulian nasional,dengan menunjukkan sikap empati dan simpati,siap menolong mereka yang terdampak karena pandemic Covid-19 ini,” tambahnya.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,389