Gak Melulu Dimasak Sayur, Labu Ternyata bisa dijadikan Takjil untuk berbuka Puasa

CAMILAN : Klepon sudah menjadi camilan melegenda yang dikenal sejak dahulu, kombinasi rasa manis dengan tekstur kenyal menjadi daya tarik si hijau mungil ini. Namun, apa jadinya jika klepon dibuat dari bahan labu kuning. (Beenews.id/doc)

TEGAL – Biasanya, labu cukup identik sering kali dimasak sebagai sayur, padahal ada banyak olahan kue yang bisa dibuat dari labu. Seperti misalnya resep satu ini, bermodalkan labu sebagai bahan utama ternyata bisa dibuat menjadi takjil Ramadhan 2023 yang super enak.

Saking enaknya takjil Ramadhan 2023 olahan labu ini, tak heran jika sekali coba pun pasti bisa langsung ketagihan! Penasaran bagaimana cara membuatnya, yuk simak resep dan caranya.

Bahan-Bahan Adonan:

  • 500 gram labu
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 200 gram tepung tapioka
  • 5 sendok makan tepung beras

Bahan-Bahan Baluran:

  • Kelapa parut secukupnya
  • ½ sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula pasir

Cara Membuat :

  1. Siapkan 500 gram labu yang sudah dipotong-potong.
  2. Kemudian, siapkan dan panaskan kukusan. Setelah kukusannya panas, masukkan labu dan kukus hingga matang atau empuk.
  3. Jika sudah matang serta empuk, angkat dan masukkan ke dalam wadah. Lalu, haluskan labu dengan menggunakan sendok atau semacamnya.
  4. Jika labu sudah halus, tambahkan 1 sendok teh garam dan 1 sendok makan gula pasir. Aduk hingga rata.
  5. Setelah itu, masukkan 200 gram tepung tapioka. Aduk hingga tercampur rata dengan tangan. Jika sudah tercampur rata, masukkan 5 sendok makan tepung beras dan uleni kembali hingga mudah dibentuk.
  6. Setelah adonannya mudah dibentuk, ambil sedikit adonan. Kemudian, bulat-bulatkan. Lalu, letakkan adonan yang telah dibulat-bulatkan tersebut ke piring yang sudah ditaburi dengan tepung, lakukan hingga adonannya habis.
  7. Setelah semuanya selesai, siapkan panci atau teflon dan didihkan air secukupnya. Setelah airnya mendidih, masukkan adonannya dan rebus hingga mengapung dan sudah matang.
  8. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Setelah itu, siapkan wadah dan masukkan kelapa parut secukupnya.
  9. Kemudian, tambahkan ½ sendok teh garam dan 2 sendok makan gula pasir, aduk hingga rata. Lalu, masukkan kuenya ke dalam wadah kelapa parut. Aduk kembali hingga tercampur rata.
  10. Jika sudah tercampur rata, pindahkan kuenya ke piring. Sajikan.
    Selamat mencoba..
    (Red2/Menu Dapoer)

Editor : Irene Indah

TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 117,825