Deputi LAN RI Apresiasi 115 Karya Inovasi Pemkab Tegal

KOMITMEN : Bupati Tegal Umi Azizah menandatangani komitmen inovasi dengan perwakilan kepala perangkat daerah disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono dan Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI Tri Widodo Wahyu Utomo di Ballroom Syailendra, Hotel Grand Dian Slawi, Senin (22/11/2021). (BeeNews.id/Humas Pemkab Tegal)

SLAWI – Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Tri Widodo Wahyu Utomo mengapresiasi 115 karya inovasi Pemkab Tegal. Hal tersebut ia sampaikan usai menyaksikan penayangan nominasi inovasi dari 48 organisasi perangkat daerah (OPD), 11 Puskesmas dan satu badan usaha milik daerah (BUMD) Kabupaten Tegal di Ballroom Syailendra, Hotel Grand Dian Slawi, Senin (22/11/2021) siang.

Banyaknya nominasi inovasi yang diluncurkan Pemkab Tegal pada tahap deliver Laboratorium Inovasi Pelayanan Publik ini cukup memukau Widodo. Pasalnya, menurut pria kelahiran Yogyakarta tersebut, tidak banyak daerah yang memiliki inovasi hingga ke tingkat bawah.

“Di sini saya lihat inovasinya sangat beragam dan hampir semua OPD termasuk kecamatan ikut serta dan tidak mau ketinggalan untuk membuat inovasi yang bisa berkontribusi memajukan Kabupaten Tegal,” kata Widodo.

Padahal, lanjutnya, Pemkab Tegal tahun 2019 lalu hanya punya sedikit inovasi sehingga mendapat skor nilai 140 atau menduduki peringkat ke-195 dengan menyandang predikat kurang inovatif.

Tetapi, di tahun 2020, sebagaimana tertera pada Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI, Indeks Kepuasan Daerah Pemkab Tegal meningkat dan naik peringkat menjadi ke-27. Dari sini kemudian diseleksi kembali dan pada akhirnya menghantarkan Pemkab Tegal menjadi peringkat ke-12.

Widodo pun berharap, dari inovasi yang ada saat ini dapat memberikan dampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Tegal.

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah berpandangan bahwa membangun daerah, terutama dalam merespon tantangan global, tidak bisa lagi hanya dengan mengandalkan cara-cara biasa atau bussiness as usual. Sehingga, melalui konsep pendampingan Laboratorium Inovasi LAN RI ini Umi berharap akan lahir champions of innovation atau smart Aparatur Sipil Negera (ASN) yang memiliki semangat membangun lewat gagasan inovasi pelayanannya yang bervisi jauh ke depan.

Umi pun meminta, momen ini bisa ditangkap Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah dengan memberikan reward atau penghargaan kepada ASN inovator.

Ditekankan pula perlunya konsep employee of the month di masing-masing unit pelayanan. Petugas yang dinilai memberikan pelayanan terbaik fotonya terpampang di ruang pelayanan.

Di akhir sambutannya, Umi mengharapkan, melalui pendekatan Laboratoriun Inovasi ini ada resultan kematangan pada setiap inovasi sehingga berdampak pada peningkatan kinerja pelayanan dan daya saing.

Advertisements

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasihnya kepada LAN RI yang telah melakukan pendampingan penumbuhan inovasi melalui Laboratorium Inovasi ini, dari sejak tahapan drum up hingga deliver.

Penciptaan inovasi di masing-masing unit kerja ini merupakan bagian dari kebijakan Pemerintah mewujudkan one agency one innovation.
(Red2/Pemerintahan)

Editor : Irene Indah

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,384