CSR Bantuan Alat Musik untuk Penyandang Disabilitas

BANTUAN : Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono serangkan bantuan perangkat alat musik dari donasi perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) di Aula Dinsos Kabupaten Tegal, Jumat (31/12/2021). (Beenews.id/Humas Pemkab Tegal)

SLAWI – Keterbatasan bantuan anggaran fasilitasi sarana kesenian kepada penyandang disabilitas, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal menggalang bantuan perangkat alat musik dari donasi perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) atau melalui Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) Kabupaten Tegal.

Pemberian bantuan sosial produktif berupa alat band dan perangkat suara pendukungnya senilai Rp 50 juta tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono kepada Dikata Band, grup musik yang seluruh personilnya adalah penyandang disabilitas di Aula Dinsos Kabupaten Tegal, Jumat (31/12/2021).

Lewat sambutannya, selain mengapresiasi kreatifitas dan semangat personil Dikata Band, Joko juga berharap pemberian bantuan alat musik tersebut bisa menjadi salah satu bentuk konkret dari gerakan literasi kesenian.

“Saya minta perangkat musik ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk berlatih, mengasah skill bermusiknya. Apabila nanti ada perangkat daerah atau pemilik hajat memerlukan hiburan musik, mudah-mudahan Dikata Band ini bisa diundang untuk meramaikan, memeriahkan acara,” kata Joko.

Menurutnya, kepedulian sosial kepada penyandang disabilitas ini sangat penting. Bagaimana menciptakan lingkungan yang bisa menumbuhkan semangat dan mendorong daya kreatifitasnya. Joko yakin, melalui karya akan terbangun kemandirian di kalangan difabel.

Di sini, Joko juga mengingatkan perlunya kewaspadaan masyarakat akan potensi penyebaran virus Covid-19 untuk varian omicron, setidaknya hingga Februari 2022 mendatang.

“Kita ketahui bersama, penularan virus corona varian baru yaitu omicron menunjukkan peningkatan. Untuk itu, penerapan protokol kesehatan seperti 5M harus tetap dijalankan dan jangan lupa ikuti program vaksinasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kabupaten Tegal Nurhayati mengatakan pihaknya juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada para pengusaha atau pemilik perusahaan yang telah mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama kelompok marjinal.

Nurhayati pun berharap, sinergi yang terbangun dari potensi dan sumber kesejahteraan sosial ini bisa menjangkau lebih banyak kalangan penerima manfaat dari mulai anak-anak berkebutuhan khusus, lansia, hingga penyandang disabilitas.

“Dengan sumber daya yang terbatas kami akan terus mengoptimalkan layanan sosial kami. Dan tentunya kami bersyukur binaan kami bisa mengekspresikan keseniannya, mengasah kemampuan musiknya. Mudah-mudahan dengan ini kreatifitas teman-teman difabel terus meningkat,” katanya.
(Red2/Umum)

Advertisements

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 115,301