Cetak Foto Di Rumah Dengan PIXMA Ink Efficient G570

MENCETAK : Perlu kamu ketahui, kapasitas tinta PIXMA Ink Efficient G570 ini juga bisa mencetak hingga 3.800 lembar foto tanpa tepi ukuran 4×6 inci. Printer ini mendukung beberapa ukuran kertas, mulai dari 3,5×3,5 inci, 4R (4×6 inci), B5, A4 hingga pencetakan banner sepanjang 1,2 meter.(BeeNews.id/Zuhud).

BREBES – Buat kamu yang sering mengabadikan momen pentingmu, atau cetak tugas kamu, mungkin terpikirkan untuk mencetak foto agar memorinya terus abadi dan punya kesan tersendiri.

Jika sebelumnya kamu selalu mencetak foto di sebuah studio atau percetakan, tak ada salahnya jika mulai saat ini kamu mencoba untuk mencetak foto di rumah menggunakan printer sendiri.

Sejumlah produsen belakangan ini berlomba menawarkan printer khusus yang tak hanya bisa digunakan untuk kebutuhan kerja, tetapi juga foto. Hasil cetaknya pun bisa dibilang tak kalah bagus dengan studio foto atau percetakan.

Salah satu produsen yang kini fokus memasarkan printer adalah Canon, dengan melalui distributor tunggal di Indonesia yaitu PT. Datascrip.

Perusahaan belum lama ini telah merilis dua printer cetak foto PIXMA Ink Efficient G570 dan G670. Keduanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan industri kreatif seperti studio foto, studio desain, percetakan/ kebutuhan cetak bisnis, atau pengguna yang ingin mencetak foto pribadi di rumah.

Kedua printer ini memiliki desain modular dengan komponen yang dapat diganti dengan mudah oleh penggunanya, seperti penggantian printhead dan absorber (maintenance cartridge) setelah penggunaan dalam jangka panjang yah.

Nah, untuk rancangan khusus ini juga telah diklaim dapat membantu dan menghemat waktu karena pengguna tidak perlu repot untuk membawa printer ke service center.

Kali ini, Jurnalis BeeNews.id berkesempatan mencoba G570 untuk mencetak foto. Dari segi tampilan, PIXMA Ink Efficient G570 dibalut warna hitam doff yang menjadi ciri khas printer Canon.

Juga terdapat layar LCD monokrom kecil di bagian kanan atas guna pengaturan dan menampilkan informasi, serta didukung beberapa tombol fisik. Di bagian belakang, ada port USB type B dan colokan listriknya.

Untuk sebelum mencetak foto, perlu melakukan instalasi dengan cara mengikuti buku manual yang ada di dalam paket penjualan. Instalasinya sangat mudah, bahkan bagi pemula sekali pun.

Advertisements

Perlu diketahui, di dalam boks kemasan, pembeli akan mendapatkan dua printhead atau kepala cetak serta enam tinta tabung: Black, Grey, Cyan, Magenta, Yellow, dan Red.

Langkah pertama, kamu akan diminta memasang dua printhead (kiri dan kanan) pada slot yang tersedia dengan membuka penutup atas. Jangan lupa untuk melepas dan membuang pita oranye dan material pelindung di dalamnya.

Lalu, hubungkan kabel listrik ke stop kontak, tekan tombol Power, dan pilih Bahasa pengoperasian. Setelahnya, masukkan enam botol tinta ke tabung yang tersedia.

Untuk mencegah risiko tertukar, masing-masing botol tinta harus dipasangkan ke dalam tangki tinta yang sesuai dengan petunjuk warna. Volume botol tintanya pun juga sudah disesuaikan dengan kapasitas tangkinya.

Soal hasil cetak foto? Dijamin, kualitasnya bisa dibilang hampir menyerupai studio foto, dengan warna yang kaya dan akurat serta kecerahan dan kontras yang tinggi.

Perlu kamu ketahui, kapasitas tinta PIXMA Ink Efficient G570 ini juga bisa mencetak hingga 3.800 lembar foto tanpa tepi ukuran 4×6 inci. Printer ini mendukung beberapa ukuran kertas, mulai dari 3,5×3,5 inci, 4R (4×6 inci), B5, A4 hingga pencetakan banner sepanjang 1,2 meter. Soal resolusi pencetakan, maksimum 4.800 x 1.200 dpi.

Bagi pengguna yang ingin berkreasi dengan hasil cetakan, seperti mencetak pas foto, mengatur tata letak foto, menghias kalender dengan foto dan pencetakan kartu pos, bisa menggunakan aplikasi Editor Easy-PhotoPrint untuk platform iOS, OS Android, Windows, dan Mac OS.

Untuk harganya sendiri bisa dibilang cukup terjangkau yah untuk sekelas printer dengan hasil yang memuaskan. Canon PIXMA Ink Efficient G570 dijual di Indonesia dengan kisaran harga Rp. 4.290.000, mencakup garansi produk selama tiga tahun. Jika tintanya habis, cukup mengocek Rp. 200 ribu per botol untuk isi ulang.(Red3/Elektronik)

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,586