Cara Efektif Kembalikan Motivasi Kerja

DORONGAN : Motivasi kerja merupakan dorongan yang kuat dari dalam diri untuk melakukan suatu pekerjaan agar memperoleh hasil maksimal. Baik yang bekerja sebagai karyawan, pebisnis, profesional. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Tidak teras hari ini sudah hari Senin, setelah libur akhir pekan, tiba waktunya kembali ke aktivitas harian. Bagi kamu yang bekerja akan kembali menjalani rutinitas menyelesaikan berbagai tugas dari kantor.

Namun, adakalanya motivasi bekerja bisa hilang, karena bosan menjalani rutinitas pekerjaan yang sama setiap harinya.

Kehilangan motivasi memang umum dialami banyak orang akan tetapi bila hal tersebut tidak segera kamu selesaikan maka akan berdampak pada pekerjaan.

Dilansir dari Halodoc, ada beberapa hal yang menyebabkan motivasi kerja bisa hilang, diantaranya tidak nyaman, meragukan kemampuan sendiri dan dipicu oleh masalah mental.

Berikut ini cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan motivasi kerja :

  1. Cintai pekerjaan kamu
    Menjalani pekerjaan yang sesuai minat mungkin terdengar sudah biasa, sebab orang yang bekerja sesuai kemauan dan harapan sudah barang tentu akan semangat menjalaninya.

Oleh sebab itu, salah satu hal yang paling penting untuk meningkatkan motivasi kerja adalah menjadikan pekerjaan sebagai hal yang disenangi dan dicintai. Tanamkan pada diri kamu bahwa pekerjaan yang dijalani saat ini sangat menyenangkan dan sesuai minat.

Jika pekerjaan yang kamu jalani sudah sesuai dengan minat, maka perlu bersyukur. Jika belum, jangan takut untuk menemukan pekerjaan yang lebih sesuai.

  1. Seimbang antara waktu bekerja dan istirahat
    Salah satu penyebab motivasi bekerja hilang adalah karena terlalu lelah. Itulah sebabnya pentingnya memiliki keseimbangan antara waktu bekerja dan istirahat.

Diluar jam makan siang, kamu bisa menyisihkan 10-15 menit untuk setiap 1 atau 2 jam sekali untuk istirahat. Perlu diingat juga untuk tidak mengambil waktu istirahat terlalu lama supaya pekerjaan tidak terbengkalai.

  1. Pekerjaan dan kehidupan yang seimbang
    Jangan mengorbankan kehidupan pribadi karena pekerjaan, keputusan tersebut menjadi salah satu penyebab seseorang kehilangan motivasi kerja.

Tetap memberi porsi pada kehidupan pribadi tanpa mengabaikan pekerjaan anda. Setelah pulang kerja, kamu perlu menikmati waktu untuk diri sendiri atau bersama keluarga.

  1. Jalani pola hidup sehat
    Hidup sehat berjalan lurus dengan mengembalikan motivasi kerja, bila bekerja dengan kondisi fisik yang psikis yang kurang baik, rasanya tidak akan nyaman.

Itulah pentingnya membiasakan diri sarapan dan olahrag sebelum bekerja, selain itu kebiasaan begadang harus dihindari agar memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Advertisements
  1. Positive Thingking
    Sepele dan klise, tetapi tidak bisa dipungkiri hal ini berperan sangat besar. Jika kamu bisa melihat berbagai hal dari sisi positif, maka tidak akan sulit untuk mempertahankan atau mengembalikan motivasi kerja.

  2. Tentukan target dan tujuan
    Hilangnya motivasi kerja mungkin karena kamu kehilangan atau lupa akan tujuan bekerja, untuk itu cari tahu terlebih dulu apa sebenarnya tujuan kamu bekerja, kemudian susun apa saja target yang ingin dicapai.

Target bisa berupa target besar atau beberapa target kecil yang lebih mudah dicapai, ketika memiliki tujuan dan target, seseorang akan lebih mudah untuk menentukan langkah.
(Red2/Motivasi)

Editor : Irene Indah

TAG :,

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 51,769