Bupati Tegal Kukuhkan Paskibraka Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

PASKIBRAKA : Bupati Tegal Umi Azizah berfoto bersama Paskibraka didampingi unsur Forkopimda, DPRD Kabupaten Tegal dan pejabat di lingkungan Pemkab Tegal di Pendopo Amangkurat, Selasa (16/08/2022). (BeeNews.id/Humas Pemkab Tegal)

SLAWI – Sebanyak 29 orang anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Tegal tahun 2022 dikukuhkan Bupati Tegal Umi Azizah. Upacara pengukuhan yang berlangsung di Pendopo Amangkurat pada Selasa (16/08/2022) pagi ini juga dihadiri orang tua Paskibraka.

Selain apresiasi dan ucapan selamat kepada Paskibraka yang telah dikukuhkannya, ucapan terima kasih juga disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Tegal ini kepada para instruktur dan orang tua personil Paskibraka.

“Selamat kepada putra putri terbaik pasukan pengibar bendera pusaka yang sudah melalui serangkaian proses seleksi panjang, dilatih dan ditempa sehingga kalian bisa berdiri tegak hari ini untuk mengawal dan mengibarkan sang saka merah putih berdiri tegak di tiang tertinggi,” kata Umi.

Menurutnya tidak semua pelajar memiliki kesempatan menjadi anggota Paskibraka. Sehingga terpilihnya 29 orang Paskibraka Kabupaten Tegal ini patut disyukuri.

Wujud syukur tersebut bisa diwujudkan dengan selalu mengedapankan sikap keteladanan yang baik sebagai generasi pembelajar yang berprestasi, berdedikasi, berdisiplin dan beretika.

Pengukuhan ini, sambung Umi, memiliki makna simbolis sebagai estafet pewarisan kepemimpinan dan pelestarian nilai-nilai semangat perjuangan bangsa kepada generasi muda penerus cita-cita kemerdekaan.

“Sebab, untuk meraih kemerdekaan, bangsa ini harus berjuang secara fisik dan diplomasi, berkorban harta, jiwa dan raga agar terbebas dari penjajahan,” ujarnya.

Umi pun berharap para pelajar Paskibraka bisa terus menggelorakan semangat cinta tanah air dan mengamalkan nilai-nilai perjuangan agar senantiasa membara dalam sanubari.

“Berikan manfaat dan pengaruh positif kepada lingkungan di manapun kalian berada, karena sesungguhnya ini adalah bagian dari pengamalan nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai kebaikan dan nilai-nilai kebenaran,” tandasnya.

Sementara itu, ditemui usai upacara pengukuhan, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni yang juga Ketua Panitia Pengukuhan Paskibraka menuturkan jika jumlah anggota Paskibraka tahun 2022 ini hanya 29 orang, terdiri dari 19 putra dan 10 putri yang berasal dari SMA negeri dan swasta di Kabupaten Tegal.

Advertisements

“Tahun kemarin pelaksanaan upacara peringatan HUT RI dilaksanakan secara terbatas di halaman belakang, tapi besok akan dilakukan di lapangan Pemkab Tegal. Mohon doanya semoga diberikan kelancaran,” katanya.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, , , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 116,854