Bupati Brebes : Jaga Kualitas dan Kelestarian Telor Asin Brebes

IKON BREBES : Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengatakan, Telor Asin sebagai Ikon telah mendapat pengakuan Nasional dengan diterbitkannya Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2020. Pemerintah Kabupaten Brebes akan mendukung keberadaan Kelompok Tani Ternak Itik Berhias.(BeeNews.id/Dinkominfotik Brebes)

BREBES – Telor Asin Brebes sudah menjadi Ikon Kabupaten Brebes. Untuk itu perlu adanya usaha mempertahankan kualitas dan ketersediaan telor bebek sebagai bahan baku pembuatan telor asin. Ingat telor asin maka ingat Brebes, demikian disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat menerima Tim Penilai Lomba Kelompok Tani Ternak (KTT) di area kandang Itik, KTT Itik Berhias, di Jalan Sunan Gunungjati Blok Timur RPH Rt 005/003 Kelurahan Limbangan Wetan, Brebes, Kamis (3/6).

Bupati Brebes mengatakan, telor asin sebagai Ikon telah mendapat pengakuan nasional dengan diterbitkannya Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2020. Pemerintah Kabupaten Brebes akan mendukung keberadaan Kelompok Tani Ternak Itik Berhias. Dukungan tersebut berupa pembinaan dan bantuan sarpras yang dibutuhkan sehingga KTT Itik Berhias bisa berkembang dan maju.

Kepada para Petani Ternak Itik, Idza mengajak untuk memproduksi bibit sendiri sehingga tidak perlu lagi mencari bibit dari daerah lain. KTT Itik Berhias Kelurahan Limbangan Wetan pada lomba kali ini akan berhadapan dengan dengan KTT dari Tegal Dan Magelang.

Tim penilai lomba dipimpin Drh Abdullah bersama Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi jawa Tengah Lalu M Sahriadi melakukan tahapan penilaian lapangan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah Lalu M Sahriadi menyampaikan Kabupaten Brebes merupakan daerah yang sangat luar biasa, apa saja dimiliki, seperti Sapi Jabres, Bawang Merah hingga Telor Asin yang sangat dikenal dimana mana.

Untuk itu Masyarakat Kabupaten Brebes harus merasa bangga, dan wajib untuk mempertahankan keistimewaan yang dimiliki Kabupaten Brebes.

Terkait lomba KTT Tingkat Provinsi Jawa Tengah, kata Lalu M Sahriadi merupakan upaya mengakomodir potensi daerah terkait Kelompok Tani Ternak. Sehingga para anggota KTT mampu meningkatkan kualitas dan jumlah produksi serta kesejahteraan petani ternak.

Pihaknya mendorong para anggota KTT bisa memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri mampu dengan produksi dalam negeri. Sehingga produk luar atau ekspor tidak membanjiri pasar local.

Sebelum meninggalkan lokasi, Bupati Brebes menyampaikan harapan besar agar KTT Itik Berhias bisa menjadi juara. Setidaknya, bisa menambah semangat para anggota KTT dalam peningkatan produktivitas peternakan itik di Brebes.
(Red2/Umum)

Editor : Nur Hayati

Advertisements
TAG :,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,373