Awal Ramadan, 67 Marbot dan Modin dari Tiga Kelurahan Terima Bantuan

BANTUAN : Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para marbot dan modin dari tiga kelurahan di Kecamatan Margadana. (Beenews.id/Humas Pemkot Tegal)

TEGAL – Sebanyak 67 marbot dan modin dari tiga kelurahan di Kecamatan Margadana yakni Sumurpanggang, Kalinyamat Kulon, dan Pesurungan Lor menerima bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal pada acara Pentashorufan Ramadhan dan Dialog Interaktif Bersama Wali Kota di Pendopo Kecamatan Margadana, Selasa (28/3/2023) sore.

Secara keseluruhan Baznas di catur wulan pertama tahun 2023 mentashorufkan atau menyalurkan total bantuan kepada 897 mustahik se-Kota Tegal yang dilaksanakan pada bulan Ramadan tahun ini. Masing-masing penerima mendapatkan bantuan uang dan beras 10 kg dan bingkisan berbuka puasa.

Ketua Baznas Kota Tegal, Harun Abdi Manaf mengatakan kegiatan pentashorufan di Kecamatan Margadana merupakan penyaluran Zakat, Infaq dan Sodaqoh (ZIS) yang dikumpulkan dari para ASN dan karyawan BUMD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, yang pertama dilaksanakan Baznas Kota Tegal di catur wulan pertama tahun 2023.

“Catur wulan pertama kita fokuskan di bulan Ramadan, karena di bulan Ramadan perhatian kita pada ashnaf sabililah dan ashnaf fakir miskin,” ujar Ketua Baznas Kota Tegal.

Untuk catur wulan pertama, akan ditashorufkan kepada yang berhak dengan total anggaran Rp630.000.000,. Tapi untuk penyaluran awal, diserahkan kepada marbot masjid dan mushola serta modin se-Kota Tegal, baik modin pria dan modin wanita.

Harun berharap, bantuan dari Baznas setidaknya dapat meringankan beban Pemerintah dan dapat membahagiakan para marbot dan modin.

Harun menjelaskan, pihaknya sengaja memberi perhatian marbot dan modin sebab tanggung jawab mereka berat. Modin selama ini adalah orang yang terdepan mengurusi hal-hal yang kelihatannya tidak penting tapi sebenarnya mereka melakukan tugas sangat penting sekali.

“Bisa dibayangkan jika modin mogok kerja bisa terjadi jenazah yang tidak terurus,” ujar Harun Abdi Manaf.

Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono yang hadir pada kesempatan tersebut menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para marbot dan modin dari tiga kelurahan di Kecamatan Margadana.

Dalam dialog interaktif, Wali Kota menyampaikan, bahwa momentum ini adalah kesempatan yang baik untuk merekatkan tali silaturahmi. Dengan bersilaturahmi maka akan diluaskan rejekinya.

Advertisements

Salah satu bukti dilapangkan rejeki oleh Allah SWT, yakni Baznas dalam kesempatan ini mentashorufkan dana zakat, infaq dan sodaqoh yang dihimpun dari ASN/BUMD di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal untuk para penerima bantuan.

“Kegiatan pentashorufan hari ini merupakan wujud komitmen kami antara Pemkot Tegal dan baznas Kota Tegal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan umat,” ungkap Wali Kota.

Wali Kota mendorong agar pentashorufan Ramadan ini dilakukan merata keseluruh wilayah di seluruh Kota Tegal dengan proposionalitas dan profesionalitas sesuai prioritas penerima sesuai ketentuan.

“Tentunya, saya turut mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Baznas Kota Tegal beserta seluruh pihak terkait yang selalu bertanggung jawab dalam pengelolaan zakat dan secara rutin menyalurkan zakat yang terkumpul melalui kegiatan pentashorufan seperti hari ini,” kata Dedy Yon.

Dedy Yon juga berharap Baznas Kota Tegal dan Pemkot Tegal dapat terus bersinergi, memelihara komitmen keumatan, dan kemanusiaan agar selalu meningkatkan manfaat zakat untuk kesejahteraan umat dan bisa membantu penanggulangan kemiskinan di Kota Tegal.
(Red2/Umum)

Editor : Irene Indah

TAG :, , ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 112,351