Asal Muasal Lasagna, Sajian Pasta yang Kaya Rasa dari Italia

VERSI: Lasagna, sajian lezat asal Italia ini ternyata asal muasalnya memiliki beberapa versi lho. (BeeNews.id/Listiya)

ITALIA – Lasagna atau lasagne adalah pasta yang dipanggang di oven dan merupakan makanan tradisional Italia. Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Lasagna adalah nama salah satu bentuk pasta tertua dan paling terkenal. Biasanya berbentuk persegi panjang atau pita, lebih tebal dari tagliatelle, terbuat dari adonan berbahan dasar tepung dan telur, dengan berbagai varian lokal.

Sajian ini memiliki beberapa versi pendapat tentang asal-usul dan kemunculannya. Kuliner yang populer dari Italia ini disebut berasal dari kebudayaan Yunani kuno hingga berkembang di Inggris. Tapi kalian tahu tidak kalau Lasagna pertama kali dibuat tanpa menggunakan saus tomat sama sekali. Penggunaan saus tomat merupakan kreasi masyarakat Italia setelah sajian ini mulai naik daun. Sekarang mari kita bahasa mengenai 3 versi asal usul Lasagna.

Versi pertama disebutkan bahwa Lasagna berasal dari Yunani Kuno. Hal ini ditunjukkan dengan sebutan lasagna yang dalam bahasa Yunani diterjemahkan sebagai roti rata tipis yang enggak beragi. Pendapat lainnya menyebut lasagna berasal dari lasana atau lasanon yang berarti tatakan berkaki tiga dan ruang dalam panci.

Versi kedua datang dari Italia, masyarakat Roma juga menggunakan istilah lasanum yang artinya panci. Hal ini merujuk pada alat yang diperlukan untuk membuat sajian lasagna ini.

Versi ketiga adalah lasagna berasal dari Inggris, pada sekitar abad ke-14 resep sajian ini ditemukan dalam sebuah buku resep masakan ketika masa pemerintahan Richard II.

Lasagna dituliskan sebagai losyen dalam resep tersebut, namun hal ini menimbulkan banyak perdebatan. Banyak yang percaya sajian ini berasal dari negara Italia. Lasagna memiliki banyak layer atau lapisan, itulah kenapa lasagna disebut sebagai bentuk majemuk untuk lasagne.

Perkembangan zaman memungkinan lazagna enggak hanya diisi oleh daging sapi giling, tapi juga bisa diisikan dengan daging ayam cincang atau seafood.

Selain itu, jika menginginkan cita rasa yang lebih pedas, ketika membuat lasagna saus tomat bisa diganti dengan saus sambal yang pastinya lebih cocok untuk lidah orang Indonesia.

Itu saja penjelasan mengenai asal-usul makanan Lasagna yang kaya rasa. (Red2/Internasional)

Editor: Indah Setiawati

Advertisements
TAG :, ,
Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 119,698