7 Danau Terbesar di Dunia dan Menakjubkan

TERBESAR : Danau Malawi merupakan danau terbesar ketiga di Afrika dan danau terbesar kedelapan di dunia yang terletak di antara Malawi, Mozambik dan Tanzania. (BeeNews.id/doc)

TEGAL – Danau merupakan salah satu kekayaan alam di dunia, beberapa danau terbesar di dunia memiliki ciri khas keindahan masing-masing. Salah satu keindahan yang menjadi dayatarik dari danau-danau terbesar di dunia adalah pemandangan alam yang dimiliki.

Karena luasnya yang besar, beberapa danau ada yang dianggap sebagai lautan. Selain menyimpan keindahan, beberapa danau juga menyimpan misteri dengan kedalaman yang beragam.

Dengan nuansa pemandangan yang asri, udara yang sejuk dan keindahan yang dapat memanjakan mata bisa membuat kamu kembali segar dan menjadi lebih bersyukur atas apa yang telah kita capai dan miliki.

Berikut ini beberapa danau terbedar di dunia :

1. Laut Kaspia – 371.000 km2

Para ilmuwan sepakat, Kaspia adalah jenis danau karena tidak ada hubungan dengan laut lain layaknya bentang alam serupa, saking luasnya, lokasi Laut Kaspia terdapat di berbagai negara. Laut Kaspia berbatasan dengan Kazakhtan, Rusia, Turkemenistan, Azerbaijin dan Iran, volume air di Laut Kaspia diperkirakan mencapai 78.200 km kubik.

2. Danau Superior – 82.100 km2

Danau ini terletak di sepanjang perbatasan antara Kanada dan Amerika Serikat, Danau Superior memiliki volume yang sangat besar mencapai 12.100 km kubik.

3. Danau Victoria – 68.870 km²

Danau Victoria adalah danau terbesar di Afrika, lokasi danau berbatasan dengan negara Uganda di utara, dan Kenya dan Tanzania di timur dan selatan. Danau ini dikenal dengan satwa liarnya dan sejumlah spesies ikan special, misalnya beberapa jenis nila dan spesies ikan cichlid endemik.

4. Danau Huron – 59.570 km²

Huron adalah salah satu dari danau terbesar di Amerika Utara, Danau ini terletak di antara negara bagian Michigan di Amerika Serikat dan Ontario di Kanada. Dalam perairan ini terdapat rumah bagi berbagai spesies ikan seperti walleye, sturgeon danau, Alewife, Lake trout, dan bandeng, Hering Danau.

5. Danau Baikal – 31.500 km²

Danau Baikal terletak di daerah pegunungan Rusia dan utara perbatasan Mongolia. Selain terluas, danau ini juga salah satu yang terdalam mencapai 1.637 meter.

6. Danau Beruang Besar – 31.000 km²

Danau Beruang adalah yang terbesar di Kanada dan kerap membeku, relif alam ini tertutup es pada bulan November hingga Juli. Beruang Besar juga memiliki populasi ikan utara seperti arctic grayling, lake trout, lake whitefish, arctic char, dengan poppulasinya yang banyak, danau ini menyediakan sumber makanan untuk warga daerah setempat.

Advertisements

7. Danau Malawi – 29.500 km²

Danau Malawi berbatasan dengan tiga negara berbeda di Afrika Tenggara, yaitu Malawi, Mozambik, dan Tanzania, Danau ini memiliki banyak keanekaragaman hayati, termasuk spesies ikan. Jumlah spesies ikan di danau ini bahkan lebih banyak daripada danau lain di dunia, karena itu, danau ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan dilindungi oleh hukum.

(Red2/Internasional)

Editor : Irene Indah

TAG :,

Leave a Reply

Statistik Situs
  • Total halaman dikunjungi: 51,622